Sabtu, 21 Sep 2019
radarkediri
icon featured
Politik

Pilbup Kediri: Muncul Nama Gus Ma’mun dan Chusainuddin

Mantan Ketua KPU Kediri Ambil Formulir

08 September 2019, 19: 07: 34 WIB | editor : Adi Nugroho

sapta andaruiswara pilbup

MENCOBA: Mantan ketua KPU Kabupaten Kediri Sapta Andaruiswara (tengah) saat datang di DPC PDIP kemarin. (Dwiyan - radarkediri.id)

Share this          

KABUPATEN, JP Radar Kediri - Tak hanya PDI Perjuangan yang memanasi mesin politik menjelang perhelatan pemilihan bupati (pilbup) 2020 nanti. Partai peraih suara terbanyak kedua, PKB, juga mulai mencari sosok yang maju bersaing. Salah satu nama yang muncul adalah Ketua PCNU Kabupaten Kediri Muhammad Ma’mun.

Kabar munculnya nama Ma’mun ini dibenarkan oleh Ketua DPC PKB Sentot Djamaludin. Hanya, dia mengatakan bahwa nama-nama itu masih dalam tahap penjaringan di permukaan saja. “Kami masih akan konsultasikan dengan PCNU,” kata Sentot.

Dia menegaskan, dalam hal mengusung bakal calon bupati dan wakil bupati, partai berlambang bola dunia dengan sembilan bintang itu akan mengedepankan kader partai. “Tidak dengan formalitas,” tandasnya.

Masih menurut Sentot, selain nama sosok yang akrab dipanggil Gus Ma’mun itu, ada beberapa nama yang juga masuk penjaringan. Seperti kader PKB yang juga anggota DPRD Provinsi Jatim Chusainuddin. “Ada juga Pak Samsul Hadi,” ucap Sentot menyebut satu nama lagi yang menjadi kandidat dari partainya.

Di  kubu kuning, yakni Partai Golkar, sejauh ini belum terfokus pada persiapan pilbub. Saat ini partai berlambang pohon beringin tersebut masih fokus pada urusan DPRD. “Belum, sekarang masih menunggu rekomendasi DPP terkait pimpinan DPRD,” kata Ketua DPC Partai Golkar Sigit Sosiawan.

Hingga saat ini, rekomendasi untuk pimpinan DPRD tersebut belum turun. Sehingga pihaknya belum bisa berbuat banyak. Termasuk saat ditanya terkait jadwal penjaringan, Sigit belum bisa menanggapi banyak yang jelas pihaknya menyebut masih akan melakukan konsultasi lebih lanjut pada DPD Partai Golkar Provinsi Jatim. “Konsultasi ke DPD dulu sebelum penjaringan,” paparnya.

Sementara itu, bursa penjaringan calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) Kediri 2020-2025 semakin menghangat. Mantan Ketua KPU Kabupaten Kediri Sapta Andaruiswara turut meramaikan. Lelaki itu mengambil formulir pencalonan di DPC PDIP Kabupaten Kediri, kemarin (7/9).

Sebelumnya, Wakil Bupati (Wabup) Masykuri menjadi tokoh pertama yang mengambil formulir pencalonan untuk kontestasi Pilkada tahun 2020 mendatang. Kemudian disusul Kepala Bakesbangpol Mujahid sehari kemudian.

“Kami terdorong kembali mengabdi kepada masyarakat Kabupaten Kediri yang lebih sejahtera,” aku Sapta.

Menurutnya, pencalonannya itu murni karena dorongan pribadi. Sapta menegaskan ingin membangun dan memakmurkan masyarakat Kabupaten Kediri. Itu alasan dia mengambil formulir di partai bermoncong putih ini.

“Kami sebelumnya mempunyai track record di KPU secara baik. Ke depan kami harap bisakembali mengabdi untuk masyarakat kabupaten Kediri lebih baik,” ujarnya.

Usai mengambil formulir, Sapta mengatakan memilih PDIP karena ingin melanjutkan pembangunan. “Jika diamanahi bisa nyalon lewat PDIP bisa bersinergi dengan baik,” ujar pria yang juga kandidat doktor Universitas Brawijaya Malang ini. 

Ketika disinggung potensi bersaing dengan beberapa seniornya yang sudah mendaftar, pihaknya secara normatif menyerahkan sepenuhnya pada pihak partai untuk memutuskannya. “Kami serahkan semua kepada kekuatan Allah, jika kami dipercayai dan direstui untuk maju pada pilkada tahun 2020 mendatang kami akan bekerja sesuai semangat perubahan dan pembaharuan,” paparnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Pariwisata dan Ekonomi PDIP Kabupaten Kediri Triantoro Sasongko mengungkapkan, pihaknya menanyakan bentuk komitmen Sapta jika mendapatkan rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan. Selain itu, pihaknya dengan tegas menyatakan bahwa dalam penjaringan pilkada tahun 2020 ini tidak ada mahar yang harus dikeluarkan para cabup dan cawabup. “Kami tidak akan menarik sepeser rupiah pun kepada para calon,” pungkasnya.  

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia