Sabtu, 21 Sep 2019
radarkediri
icon featured
Politik

Pilbup Kediri: Mujahid Gandeng Eko Ediono

Ambil Formulir Penjaringan di PDIP

07 September 2019, 14: 30: 43 WIB | editor : Adi Nugroho

bupati kediri pemillihan

BERPASANGAN: Mujahid dan Eko Ediono usai mengambil formulir pendaftaran di kantor DPC PDIP Kabupaten Kediri, kemarin. (Didin Saputro - radarkediri.id)

Share this          

KABUPATEN, JP Radar Kediri  -  Penjaringan calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) Kediri di DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) semakin menghangat. Apalagi setelah Wabup Kediri Masykuri mendaftarkan diri di hari pertama.

Kemarin (6/9) giliran Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Kediri Mujahid yang mengambil formulir pencalonan cabup. Yang menarik, dia tak mendaftar sendirian. Namun, secara langsung ditemani Sekretaris Tim Pertimbangan Percepatan Pembangunan (TP3) Kabupaten Kediri Eko Ediono.

Sosok tersebutlah yang bakal menjadi cawabup mendampingi Mujahid dalam kontestasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 mendatang. “Wakilnya Pak Eko Ediono. Saya lebih memilih beliau karena termasuk akademisi dan telah banyak berkecimpung di dalam pemerintahan,” terangnya ketika ditemui awak media usai pengambilan formulir di kantor DPC PDIP Kabupaten Kediri, kemarin.

Menurut Mujahid, pengalaman Eko sebagai akademisi dan aktif di pemerintahan tersebut bisa melengkapinya untuk mengabdi di Kabupaten Kediri. “Dari aspek pemerintahan dan kemasyarakatan saya kira Pak Eko ini sudah menguasai,” paparnya.

Disinggung terkait pencalonan Wabub Masykuri, Mujahid menjawabnya santai. Menurut dia, persaingan dalam kontestasi pilkada ini akan tetap fair. Tidak memandang rivalitas yang terlalu tinggi.

“Ini kan kompetisi dan nanti yang memilih masyarakat. Mereka ada opsi atau pilihan-pilihan, mana yang terbaik di mata masyarakat silakan,” urainya.

Sementara terkait pilihan di partai politik (parpol) lain, sejauh ini Mujahid mengaku, belum ada pilihan. Ia menegaskan, yang jelas saat ini masih komitmen di PDIP. Secara filosofi, Mujahid menyebut, PDIP sejalan. Khususnya dalam konteks penguatan nasionalisme dan religius. Itu sesuai dengan kondisi nyata di Kabupaten Kediri.

Apakah sudah ada restu dari Ketua DPC PDIP? Mujahid mengatakan, dirinya tak bisa menjawab banyak. Namun, yang jelas menurutnya ini sudah ranah internal dan jajaran pengurus partai untuk menjadi pertimbangan ke depan. 

“Yang menentukan berhasil atau tidaknya nanti, rekomendasi dari internal partai,” jelasnya.

Sementara itu, Eko Ediono kemarin juga mengambil formulir untuk pendaftaran calon wakil bupati (cawabup). Dia mengaku, keputusannya mendaftar mendampingi Mujahid muncul sejak dua hari lalu. Pertimbangannya pun telah dipikirkan secara matang.

“Salah satunya adalah melanjutkan pembangunan yang sudah dilaksanakan oleh para pendahulu,” tuturnya.

Sebab, menurut Eko, pembangunan tanpa berkelanjutan tidak mungkin terealisasi dengan baik. Hanya saja, dorongan paling kuat adalah dukungan keluarga. Termasuk konsultasi dengan teman-teman dekat.

Sejauh ini, pendaftar kandidat bacabup dan bacawabup di DPC PDIP diperkirakan masih akan terus bertambah. Pada hari pertama saja, selain Masykuri, ada dua nama lain yang juga mendaftar di partai moncong putih tersebut.

Mereka adalah Habib, seorang pengacara, dan Syaifuddin, seorang konsultan. Sementara untuk hari ini, dari kabar yang beredar, mantan Ketua KPU Kabupaten Kediri Sapta Andaru Iswara juga bakal mendatangi kantor DPC PDIP. Dia dikabarkan bakal ikut mengambil formulir pendaftaran bacabup.

PDIP sendiri diketahui mendapat jatah 15 kursi di DPRD Kabupaten Kediri. Tentu saja partai ini bisa memberangkatkan pasangan cabup-cawabup tanpa harus berkoalisi dengan partai politik lain.

Pengambil Formulir di DPC PDIP Kabupaten

Nama                  Profesi                          Posisi

Masykuri              Wabup Kediri                Bacabup

Habib                             Pengacara                      Bacabup

Syaifudin              Konsultan Amdal          Bacabup

Mujahid                Kepala Bakesbangpol    Bacabup

Eko Ediono           Sekretaris TP3               Bacawabup

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia