Sabtu, 21 Sep 2019
radarkediri
icon featured
PERSIK KEDIRI

Laga Persik tanpa Suporter Tamu

05 September 2019, 18: 13: 04 WIB | editor : Adi Nugroho

persik kediri vs psim jogjakarta

DI DALAM STADION: Aksi kerusuhan usai pertandingan Persik vs PSIM. (Anwar Basalamah - radarkediri.id)

Share this          

Persik bakal diuntungkan setelah bentrok antarsuporter, Senin lalu (2/9). Sebab, setelah kejadian tersebut, kepolisian melarang suporter lawan datang ke Kediri. Termasuk saat Macan Putih bersua Persis Solo di Stadion Brawijaya, Jumat besok (6/9).

Keputusan pelarangan suporter tamu itu merujuk pada surat dari Polres Kediri Kota kepada panpel Persik. Surat nomor B/2482/IX/PAM.3.3/2019/Bagops itu mengimbau panpel tidak menghadirkan suporter Persis pada pertandingan, Jumat besok.

pt liga persik vs psim

VERIFIKASI: Direktur Media PT LIB Hanif Marjuni memberi keterangan saat melihat lokasi kerusuhan suporter di Taman Tirtayasa, kemarin. (Anwar Basalamah - radarkediri.id)

Saat dikonfirmasi, Ketua Panpel Persik Widodo mengakui bila pihaknya sudah menerima surat dari polresta. Dengan surat imbauan tersebut, panpel akan melaksakananya. “Kami juga mempertimbangkan keamanan setelah kerusuhan,” katanya.

Karena itulah, di pekan ke-14 Liga 2 Indonesia, Jumat besok, Pasoepati – julukan suporter Persis - tidak bisa mendukung tim kesayangannya melawan Persik di Brawijaya. “Kami tidak menyediakan kuota suporter lawan. Ini keputusan panpel,” ungkapnya.

Lalu bagaimana dengan sisa pertandingan lain Persik di kandang? Widodo mengatakan, ada kemungkinan suporter juga tidak diperkenankan datang ke Kediri. Meski demikian, rencana itu belum ada keputusan resmi. “Sepertinya sampai liga selesai, tidak boleh ada suporter lawan,” kata pria yang akrab disapa Widodo Hunter ini.

Sementara itu, Direktur Media PT LIB Hanif Marjuni mengatakan, kedatangannya ke Kediri kemarin untuk melakukan evaluasi pasca bentrok. Selain melihat langsung ke stadion, PT LIB juga mendatangi Taman Tirtayasa, tempat perusakan kerusuhan suporter.

Dari evaluasi kemarin, dia mengatakan, pihaknya akan melaporkan secara faktual kepada PSSI. Sementara soal kemungkinan penjatuhan sanksi, Hanif mengaku, hal itu menjadi ranah komisi disiplin (komdis) PSSI. “Jadi kami di sini hari ini (kemarin, Red), bukan untuk menentukan hukuman apa. Itu wilayah komdis,” terangnya.

Yang pasti, kata Hanif, Persik masih diperbolehkan menggelar laga kandang. Hanya saja, seperti imbauan polresta, pihaknya juga sepakat memberikan larangan untuk suporter tamu datang ke Kediri. “Ini demi keamanan. Nanti akan terus dievaluasi,” pungkasnya.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia