Sabtu, 21 Sep 2019
radarkediri
icon featured
Ekonomi

Cegah Stunting dengan Konsumsi Kelor

04 September 2019, 18: 02: 41 WIB | editor : Adi Nugroho

Cegah Stunting dengan Konsumsi Kelor

Share this          

            Segenggam daun kelor berbobot 25 gram mengandung potasium tiga kali lebih banyak daripada pisang, vitamin A empat kali kandungan wortel, vitamin C tujuh kali kandungan jeruk, kalsium empat kali kandungan susu, dan mengandung protein dua kali lebih banyak dari susu.

Kelor ( Moringa oleifera ) juga mengandung berbagai zat penting lain, seperti vitamin B1,B2, B3, zat besi, magnesium, dan seng. Bagian yang bisa dikonsumsi dari tanaman kelor yaitu daun dan bijinya, sedangkan ranting daun dari kelor bersifat anti-nutrisi sehingga dianjurkan kalau mengonsumsi daun kelor harus dipisahkan antara daun dan rantingnya.

Daun Kelor dapat dikonsumsi langsung dalam keadaan segar maupun bisa di konsumsi dalam kondisi kering dalam bentuk teh kelor atau di kapsulkan dalam bentuk serbuk. Untuk biji kelor juga bisa langsung dikonsumsi dalam bentuk biji atau dalam bentuk minyak kelor.

Mengonsumsi kelor secara rutin oleh Ibu hamil dapat mencegah terjadinya stunting pada bayi yang dilahirkan hal itu disebabkan kandungan nutrisi yang tinggi dari kelor untuk pertumbuhan otak dan fisik janin sejak dalam kandungan.

            Selama ini Pemerintah Kabupaten Kediri melalui satuan kerja terkait di mana salah satunya adalah Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri aktif melakukan sosialisasi terkait cara budidaya dan manfaat dari tanaman kelor sebagai salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Kediri menurunkan tingkat kejadian stunting pada bayi di Kabupaten Kediri.

Tanaman kelor ini dari sisi budidayanya mudah di tanam dimana bisa dilakukan dengan cara setek batang, bisa ditanam di pot maupun di lahan pekarangan tanpa menggunakan pupuk maupun pestisida kimia tanaman kelor dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, karena pada dasarnya tanaman ini mampu bertahan hidup pada kondisi tanah yang marginal atau kurang subur.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia