Sabtu, 21 Sep 2019
radarkediri
icon featured
Ekonomi

Segarnya Jeruk Keprok dan Siam

04 September 2019, 17: 59: 15 WIB | editor : Adi Nugroho

Segarnya Jeruk Keprok dan Siam

Share this          

Jeruk merupakan salah satu jenis buah yang sudah dikenal banyak orang dan termasuk jenis buah yang populer di kalangan masyarakat. Tanaman ini juga memiliki ragam dan variasi tergantung dengan daerah masing-masing tumbuh.

Jeruk merupakan tumbuhan berbunga genus citrus dari famili Rutaceae . Tanamannya berbentuk pohon dengan buah yang berdaging dengan rasa masam yang segar, meskipun banyak di antaranya yang memiliki rasa manis. Rasa masam berasal dari kandungan asam sitrat yang memang menjadi terkandung pada semua anggotanya.

Keanekaragaman ini seringkali menyulitkan klasifikasi, penamaan dan pengenalan terhadap anggota-anggotanya, karena orang baru dapat melihat perbedaan setelah bunga atau buahnya muncul.

Akibatnya tidak diketahui dengan jelas berapa banyak jenisnya. Di seluruh dunia, jumlah varietas jeruk mencapai lebih dari 600 jenis, dengan karakter yang hampir mirip atau bahkan berbeda sama sekali.

Di Kabupaten Kediri ada beberapa jenis jeruk yang banyak dibudidayakan oleh petani dengan skala luas di lahan yaitu jeruk jenis keprok maupun jenis siem. Berikut adalah wilayah pengembangan dan ciri-ciri fisik buah yang membedakan antara jenis jeruk siem maupun jenis keprok.

Di Kabupaten Kediri jeruk keprok mulai banyak di budidayakan di wilayah kecamatan Mojo tepatnya di desa Jugo dan Blimbing. Jeruk keprok yag dibudidayakan kebanyakan yaitu jenis keprok RGL dan keprok batu – 55.

Ciri-ciri jeruk keprok mempunyai rasa manis sedikit asam dan segar, warna kulit menarik dan mudah dikupas, berat rata-rata jeruk keprok 125 – 274 gram per buah, bentuk buahnya ada yang bulat dan gepeng, tekstur permukaan kulit agak kasar, warna kulit pada dataran tinggi bisa sampai oranye, mempunyai dinding buah tebal dengan lapisan kulit luar yang kaku, dan penciri spesifiknya yaitu memiliki konde pada buahnya.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia