Sabtu, 21 Sep 2019
radarkediri
icon featured
Ekonomi

Rasa Pedas Cabai Kediri dengan Beragam Manfaat

04 September 2019, 17: 56: 06 WIB | editor : Adi Nugroho

Rasa Pedas Cabai Kediri dengan Beragam Manfaat

Share this          

            Cabai merupakan salah satu komoditas yang tidak pernah ditinggalkan masyarakat Indonesia. Bisa disebut cabai sudah menjadi bagian dari budaya orang-orang Indonesia. Cabai merupakan bumbu dapur yang keberadaannya wajib ada.

Karena itu, saat harga cabai mahal pun, masyarakat tetap mengonsumsi cabai meski secara kuantitas lebih kecil. Bagi orang Indonesia, rasanya hambar jika makan tidak memakai sambal, yang bahan bakunya berasal dari cabai.

            Dari sisi kesehatan, beragam kandungan nutrisi yang dimiliki oleh tanaman cabai. Dari kandungan nutrisi tersebut, beragam manfaat bagi manusia dapat dipetik dari tanaman keluarga solanaceae ini.

Mulai dari kandungan senyawa oleoresin yang bermanfaat untuk mencegah stroke, hingga kandungan betacarotin dan antocinin yang sangat bermanfaat untuk mencegah kanker dan penyakit jantung.

Di samping itu, kandungan vitamin-C nya juga tercatat lebih tinggi dibanding yang terkandung pada buah jeruk, yang dipercaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satu khasiat terbesar dari cabai adalah kapsaisin yang terdapat pada urat cabai yang berwarna putih yang berfungsi sebagai tempat melekatnya biji cabai.

Kapsaisin ini bersifat antikoagulan, yaitu menjaga darah tetap encer dan mencegah terbentuknya kerak lemak pada pembuluh darah. Sehingga orang yang suka makan sambal dapat memperkecil kemungkinan menderita penyumbatan pembuluh darah atau aterosklerosisi.

            Cabai juga dapat mencegah kanker karena karena kandungan Flavonoid dan antioksidan yang terdapat didalamnya. Buah cabai juga mengandung minyak atsiri, minyak ini digunakan sebagai bahan baku obat-obatan dan bahan baku kosmetika. Dalam dunia farmasi minyak atsiri cabe dapat menggantikan minyak kayu putih.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia