Jumat, 15 Nov 2019
radarkediri
icon featured
Show Case

Kediri UMKM Shopping Festival 2019: Dongkrak Omzet Ratusan Juta

31 Agustus 2019, 13: 47: 04 WIB | editor : Adi Nugroho

umkm shopping festival

TERBAIK: Para pemenang Kediri UMKM Shopping Festival 2019 bersama Kadiskopumik Munfarid, Ketua TP PKK Rosyida Masykuri, dan Camat Pagu Mari Susiawati. (Puspitorini Dian - radarkediri.id)

Share this          

KABUPATEN, JP Radar Kediri – Peserta Kediri UMKM Shopping Festival tahun ini memang luar biasa. Terlihat dari partisipasi mereka selama sebulan pelaksanaan. Dari 80 peserta akhirnya terpilihlah Getuk SHR sebagai yang terbaik tahun ini.

“Semua peserta menunjukkan keaktifan selama kegiatan. Ini salah satu poin yang kami nilai,” terang Direktur Jawa Pos Radar Kediri Tauhid Wijaya.

Di tahun kedua pelaksanaannya, para peserta kian menunjukkan keaktifan, baik dalam penyerahan foto maupun materi berita. Selain itu, penilaian juga melibatkan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskopumik) Kabupaten Kediri.

Untuk diketahui, pengumuman peserta terbaik UMKM Shopping Festival 2019 dilaksanakan bersamaan dengan pameran yang digelar di Lapangan Menang, Pagu. Terpilih 12 UMKM yang masuk nominator.

Yaitu Ndhog Ceplok, Minuman Tradisional Rully, Puja Snack, Ananda Aya, Bawang Goreng Xie Utie, Getuk Pisang SHR, Kebab De Pisang, Lampion Karakter Kediri, Lily Snack, Nandy’s Coffee, Zahra Art Collection, dan Tahu Hot Kediri (Kingtofu).

Selain Getuk Pisang SHR yang terpilih menjadi terbaik, ada Zahra Art Collection yang meraih terbaik kedua dan di urutan ketiga Minuman Tradisional Rully.

Menurut Tauhid, minat konsumen terhadap produk-produk UMKM Kabupaten Kediri sangat tinggi. Terlihat dari omzet selama sebulan pelaksanaan shopping festival. “Total omzet yang dilaporkan ternyata sudah mencapai ratusan juta,” ungkapnya.

Angka ini jelas menguntungkan bagi dua belah pihak, pedagang dan pembeli. Sebab, pedagang tidak perlu repot-repot menggelar dagangan dan pembeli tidak harus jauh-jauh menuju pameran atau lokasi penjual untuk mendapatkan produk. “Cukup menelepon nomor kontak yang sudah dipublikasikan,” terangnya.

Hal inilah yang ingin dicapai diskopumik. Menurut Plt Kepala Diskopumik Kabupaten Kediri Munfarid, sudah menjadi tugas pemerintah untuk membantu UMKM yang sedang berkembang dan meraih pasar. “Kami berharap kegiatan ini menjadi salah satu bentuk promosi yang mengena dan menjembatani para pedagang dan konsumsi,” jelasnya.

Hadir untuk menyerahkan hadiah adalah Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kediri Rosyida Masykuri dan Camat Pagu Mari Susiawati. Setelah itu, keduanya didampingi Kadiskopumik Munfarid meninjau stan-stan yang menampilkan produk unggulan di lapangan Menang, Pagu.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia