Sabtu, 22 Feb 2020
radarkediri
icon featured
Events

Info Haji Kediri: Tiba Hari Ini, 3 Kloter Hampir Bersamaan

29 Agustus 2019, 18: 22: 36 WIB | editor : Adi Nugroho

Info Haji Kediri: Tiba Hari Ini, 3 Kloter Hampir Bersamaan

Share this          

KABUPATEN, JP Radar Kediri - Rangkaian pelaksanaan ibadah haji jamaah dari Kabupaten Kediri telah usai. Hari ini, mereka dijadwalkan akan tiba di Kediri. Tiga kloter, 36, 37, dan 38 SUB dijadwalkan tiba nanti malam.

Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) Kabupaten Kediri Abdul Aziz menyampaikan, tadi malam rombongan berangkat dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah. “Pemulangan (jamaah haji) Kabupaten Kediri diawali Kloter 36, 29 Agustus,” kata Aziz saat dihubungi Jawa Pos Radar Kediri.

Setelah Kloter 36, disusul dua kloter lain. Yakni Kloter 37 dan 38. Ia menyebut dua kloter ini akan pulang di hari yang sama. Hanya saja untuk jam kepulangan yang diatur berbeda. “Kloter 37 dan 38 menyusul selisih masing-masing dua jam  berikutnya,” jelas Aziz.

Dari informasi awal, jamaah mulai terbang pada pukul 22.45 WAS. Sementara perjalanan dari Tanah Suci ke Surabaya totalnya adalah 10 jam. Diperkirakan sampai di Bandara Juanda pada pukul 12.45 WIB.

“Perjalanan dari  Juanda ke Asrama Haji ditambah upacara penyambutan dan penataan barang bawaan insya Allah sampai 15.00 WIB,” lanjutnya.

Dengan estimasi tersebut jamaah akan tiba di Kediri petang hari. Untuk lokasi kepulangan Aziz menyampaikan sama dengan keberangkatan. Yakni di Kantor Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Kediri.

Di kantor pemkab, agendanya adalah penataan barang bawaan hingga istirahat sejenak. Hingga jamaah dipulangkan ke rumah masing-masing. Aziz mengimbau, dalam perjalanan ke rumah para jamaah agar singgah di masjid yang dekat dengan rumah.

“Untuk salat sunnah tahiyatal masjid,  salat sunah 2 rakaat, sujud syukur,” ingatnya.

Jika tepat memasuki waktu Maghrib maka dilanjutkan salat sunah Qoblal Maghrib, kemudian  salat Maghrib.

Untuk diketahui, CJH kloter 36 jauh lebih sedikit dibandingkan dua kloter lainnya. Pada kloter 37 dan 38, jumlahnya tercatat 445 orang. Sementara pada kloter 36, hanya 262 orang.

Kloter 37 dan 38 akan dilepas menuju Asrama Haji Surabaya sore ini. Sejatinya CJH asal Kabupaten Kediri tidak hanya pada ketiga kloter itu saja. Ada pula yang berangkat dengan kloter 67 sejumlah 6 orang. Total, ada 1.158 CJH.

Yang Perlu Diperhatikan Penjemput

- Membawa kartu penjemputan (jadi satu dengan kartu pengantaran).

- Mengikuti prosedur yang  ditentukan panitia.

- Penjemput cukup satu orang yang mampu mengangkut barang jamaah.

- Penjemput yang  kartunya hilang segera minta kembali ke kemenag.

- Pengangkutan barang kolektif membawa  kartu jamaah dan menginformasikan lebih awal ke Panitia.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia