Kamis, 29 Oct 2020
radarkediri
Home > Ekonomi
icon featured
Ekonomi

Mengenal Hama dan Penyakit Tanaman Pisang

29 Agustus 2019, 17: 15: 05 WIB | editor : Adi Nugroho

Mengenal Hama dan Penyakit Tanaman Pisang

Share this          

 

Pisang termasuk tanaman hortikultura, merupakan salah satu jenis buah tropis yang tidak asing bagi masyarakat dunia. Buah pisang selain enak, juga memiliki banyak manfaat. Kandungan gizinya yang lengkap sangat baik untuk kesehatan. Adapun hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman pisang adalah sebagai berikut.

1.      Hama Penggulung Daun (Erionota thrax. L)

Hama penggulung daun adalah ulat berwarna hijau yang diselubungi lapisan lilin berwarna putih. Daun pisang terserang akan  tampak rusak, penuh dengan selubung-selubung dan sobek-sobek bahkan dapat menyebabkan daun pisang tinggal tulang induk daun saja.

2.      Lalat buah (Dacus musae atau D. dorsalis Tryon)

Hama ini menyerang dengan cara menusuk-nusuk kulit bakal buah. Akibatnya, kulit buah pisang menjadi totol-totol cokelat atau hitam atau berbintik-bintik kombinasi dari warna-warni tersebut.

3.      Kudis atau burik atau Kudis (Scab Nacoleia octasema Meyrick)

Serangga hama ini menyerang bunga dan buah pisang yang masih muda, sehingga menyebabkan burik atau kudis pada bagian kulit buah. Burik pada kulit buah pisang merupakan kotoran dari hama yang menyerang pada waktu pisang masih dalam bentuk “ ontong “.

4.      Nematoda akar (Radopholus similis, Meloidogyne spp dan Pratylenchus spp)

Nematoda akar menyebabkan luka-luka dan bengkak-bengkak pada akar, sehingga dapat mengganggu proses metabolisme tanaman. Tingkat serangan yang berat dapat mengakibatkan pertumbuhan tanaman menjadi kerdil.

5.      Penggerek batang (Odoiporns longicollis)

Hama ini bertubuh kecil dan bersayap yang menyerang dengan cara menggerek batang pisang sehingga berlubang-lubang kecil. Infeksi batang tersebut menyebabkan pertumbuhan tanaman kerdil, daun-daunnya layu, bahkan batangnya mudah roboh.

6.      Penyakit Layu Fusarium

Penyebab penyakit layu fusarium atau busuk batang cokelat adalah cendawan Fusarium oxysporum Schlecht. f. sp. cubense (E.F Sm.) Snyd. et Hans atau sering disebut Fusarium cubense E.F Sm.
Gejala biasanya muncul pada waktu tanaman membentuk buah, di mana tanaman akan layu dan kemudian mati serta batangnya akan membusuk dan kering.

7.      Layu Bakteri

Penyebab penyakit layu bakteri (lendir) adalah bakteri Pseudomonas solanacearum E.F Smith sinonim dengan P.celebensis Gaum, Phytomonas musae (Gaum), dan Bacillus musae. Gejala biasanya muncul pada waktu tanaman membentuk buah, di mana tanaman akan layu dan kemudian mati serta batangnya akan mengalami busuk basah.

8.      Bercak Cercospora 

Penyebab penyakit ini adalah cendawan Mycosphaerella musicola Mulderatau sinonim dengan Cercospora mnsae Zimm.
Gejala yang ditimbulkan adalah adanya bercak daun bersudut kemudian pada kondisi serangan yang parah daun akan mengering.

9.      Kerdil Pisang

Penyebab penyakit ini adalah virus yang disebut Bunchy Top Virus (BTV)atau Musa Virus 1 (Magee) Smith. Gejala yang ditimbulkan yaitu tanaman pisang akan mengalami gangguan pertumbuhan yaitu stunting atau kerdil dan tidak dapat menghasilkan buah.

10. Karat daun pisang oleh cendawan Uredo musae Cummins yang menyebabkan bercak-bercak berwarna cokelat pada sisi bawah daun.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia