Senin, 16 Sep 2019
radarkediri
icon featured
Events

Prodamas Award: Semangat Mengajar dengan Kacamata Baru

19 Agustus 2019, 17: 59: 49 WIB | editor : Adi Nugroho

prodamas ngletih

BARU: Solih mengenakan kacamata baru bantuan dari Prodamas untuk pengajar TPA di RT 7 RW 2, Kelurahan Ngletih. (Adi Nugroho - radarkediri.id)

Share this          

KOTA, JP Radar Kediri – Selain proses pengadaan dan pelaporan, bagaimana pemanfaatan hasil realisasi prodamas juga menjadi penilaian tim penilai Prodamas Award. Salah satunya berkaitan dengan dampak positif dari sejumlah barang yang diusulkan lewat rembuk warga.

Seperti yang ada di Kelurahan Ngletih, Pesantren. Kemarin, tim penilai melakukan penilaian di tiga RT. Yakni masing-masing adalah RT 07 dan RT 09 yang keduanya berada di lingkungan RW 02 dan RT 14/ RW 03. Di ketiga RT ini, tim penilai mengecek langsung realisasi prodamas, baik terkait pengadaan barang, pembangunan, pelaporan, hingga pemanfaatnya.

Seperti saat di RT 07/RW 02 yang di antaranya melakukan pengadaan kacamata untuk warganya.Tim penilai mengecek langsung kepada warga yang menerima. “Memang awalnya dari rembuk, lalu warga yang membutuhkan diberi kacamata. Termasuk dicek langsung di optik,” ujar Djaenal Abidin, ketua RT setempat.

Solih, 70, salah satu warga penerima bantuan kacamata mengaku sangat terbantu dengan pengadaan ini. “Untuk ngajar Alquran di TPA Al Ikhlas sini. Jadi lebih jelas,” ungkapnya. Menurutnya, sebelum punya kacamata baca ini, ia biasanya hanya membeli kacamata plus seharag Rp 25 ribuan tanpa cek mata. “Ini lebih pas,” bebernya.

Selain pengadaan kacamata, di RT ini juga ada sejumlah pengadaan barang yang bermanfaat. Mulai dari alat peraga edukatif (APE)  serta sejumlah alat pengecek asam urat, gula darah, dan kolesterol. “Biasanya dipakai saat cek kesahatan atau waktu ada kegiatan posyandu,” sambung Djaenal.

Sedangkan di dua RT lainnya, tim penilai juga mengecek sejumlah realisasi prodamas yang dilakukan. Mulai dari pavingisasi dan pemasangan tutup talud di RT 09/RW 02 serta sejumlah pengadaan alat-alat pertukangan di RT 14/RW 03.

Sementara itu, penjurian kemarin juga dilaksanakan di Kecamatan Mojoroto. Kali ini Kelurahan Tamanan dan Lirboyo penjuriannya digabung menjadi satu. Hal ini karena di Tamanan hanya ada perwakilan 2 RT, sementara Lirboyo hanya 1 RT saja.

Ketiganya memilih bidang infrastruktur sebagai unggulan yang diajukan pada Prodamas 2018. RT 04/ RW 06 misalnya, yang melaksanakan pembangunan jalan diatas saluran irigasi untuk keperluan akses keluar masuk wilayah pemukiman. Uniknya, RT ini menamakan program tersebut dengan judul ‘Mimpi 30 Tahun yang Terealisasi’.

Program tersebut berawal dari sulitnya warga RT 04/RW 06 ketika keluar masuk gang yang ada di kawasan Jalan Raung tersebut. Terutama ketika ada hajatan atau pesta di salah satu gang di sana. “Dulu kesulitan saat keluar masuk Jalan Raung. Karena akses satu-satunya di gang 6 ini sempit,” kata Ketua RT Mat Djais.

Dengan hal tersebut, maka warga berinisiatif untuk mengajukan izin menutup saluran irigasi sebagai akses jalan alternatif keluar masuk gang. Sehingga saat ini jika ada hajatan, warga kini punya akses alternatif di jalur yang dibuat diatas saluran irigasi.

Bahkan, hal menarik lain dari jalan dengan lebar 2 meter dan panjang 50 meter tersebut dinamakan Gang Abu Bakar. “Untuk berterimakasih kepada Mas Abu karena sudah membuat adanya Prodamas,” jelasnya.

Sementara di dua RT Kelurahan Tamanan, sama-sama mengajukan infrastruktur. Programnya pun tak jauh berbeda. Jika RT 01/RW 03 membuat penutup saluran drainase dan pemasangan PJU di 15 titik, untuk RT 02/RW 03 Tamanan membuat saluran drainase antisipasi banjir. “Sehingga air cepat hilang ketika hujan. Di sana juga ada swadaya masyarakat pengembangan KRPL di lingkungan yang membuat suasana asri,” ujar Juri dari Jawa Pos Radar Jauhar Hanis.

Dengan adanya KRPL, kebutuhan sayuran bisa diambil sendiri dari depan rumah. Sehingga bisa mengurangi pengeluaran rumah tangga sehari-hari.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia