Sabtu, 21 Sep 2019
radarkediri
icon featured
Ekonomi

Pembungaan Kelengkeng Varietas Itoh menggunakan Potasium Klorat

15 Agustus 2019, 14: 27: 04 WIB | editor : Adi Nugroho

kelengkeng itoh

HASIL MAKSIMAL: Proses booster di tanaman kelengkeng itoh. (Habibah A. Muktiara - radarkediri.id)

Share this          

Pembungaan kelengkeng varietas Itoh dapat dilakukan dengan cara pemboosteran dengan menggunakan Potasium Klorat ( KCL03 ). Pemboosteran  ini dilakukan  dengan tujuan untuk menghambat translokasi karbohidrat yang merupakan hasil fotosintesis dari daun ke akar tanaman.

“Kelebihan karbohidrat di daerah tajuk ini dapat membantu untuk mempercepat proses pembungaan dan pembuahan,” terang Arahayu Setyo Adi, dari Bidang Hortikultura Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri.

Sebelum melakukan pemboosteran ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh tanaman kelengkeng itoh agar proses booster berjalan lancar dan sukses. Yaitu tanaman kelengkeng itoh sudah cukup umur yakni berkisar antara 2 – 3 tahun, tanaman kelengkeng itoh dalam keadaan sehat tidak terserang hama dan penyakit. “Tanaman itoh juga harus memiliki daun yang tua atau lebih 90 persen,” terangnya. Atau tidak sedang mengeluarkan atau muncul daun muda.

Sebelum memberikan booster pada tanaman kelengkeng itoh sebaiknya dilakukan pemangkasan pada bagian tengah tanaman agar sinar matahari dapat masuk dan mengenai semua ranting pohon. 

Pemangkasan dapat dilakukan pada waktu pertumbuhan dan setelah panen. Dengan mengadakan pemangkasan alhasil ujung ranting pun akan terangsang buat mengeluarkan bunga dan buah-buah yang baru. Pertumbuhan cabang baru pun dapat menambah banyak ranting yang kelak menjadi tempat keluarnya buah.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dosis booster yang diberikan pada setiap tanaman yaitu sebanyak 125 gram/pertanaman dengan pelarut air sebanyak 5 liter. Aplikasi dianjurkan pada pagi hari antara jam 08.00 – 10.00.

Pemberian booster pada tanaman kelengkeng dapat dilakukan pada beberapa bagian tanaman kelengkeng. Yaitu melalui akar tanaman dengan memberikan booster pada bagian akar tanaman yang paling umum dilakukan. Cara yang dilakukan adalah dengan cara penyiraman  booster kedalam tanah. Sebelum memberikan booster pada tanah lakukan penggemburan terlebih dahulu agar booster dapat diserap dengan maksimal.

Kemudian melalui batang tanaman. Cara ini memang jarang dilakukan tetapi bisa menjadi alternatif bagi Anda ketika hendak memberikan booster pada tanaman kelengkeng itoh. Caranya adalah dengan membuat lubang dibatang pohon dengan kedalaman seperempat dari diameter batang dengan menggunakan bor, kemudian booster dimasukkan kedalam lubang dan ditutup rapat dengan parafin atau lilin.     “Proses pemboosteran kelengkeng ini menguntungkan petani kelengkeng karena petani bisa menentukan waktu kapan kelengkengnya dapat dibuahkan,” terangnya. Juga untuk dipanen terutama membuahkan kelengkeng pada waktu off season sehingga petani akan mendapatkan harga yang tinggi sehingga pendapatannya akan meningkat.

Dinas Pertanian dan Perkebunan kabupaten Kediri pada tahun 2018 berhasil melakukan kegiatan -emboosteran Kelengkeng di 3 kecamatan yaitu di kecamatan Ngancar, Grogol, dan Puncu, dengan jumlah tanaman yang akan di booster sebanyak 3000 tanaman.

Pada 2019 Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri juga akan melaksanakan pemboosteran di 2 kecamatan yaitu kecamatan Ngancar dan Puncu sebanyak 2000 tanaman yang tahun sebelumnya belum dibuahkan. Selanjutnya diharapkan setiap desa dapat mengalokasikan dana desa untuk pemberdayaan masyarakat dengan membuat program pemboosteran kelengkeng yang ada di wilayah masing-masing dan hasilnya penennya bisa di kelola oleh BUMDes setempat.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia