Minggu, 18 Aug 2019
radarkediri
icon featured
Events

Prodawas Award: Listrik Padam pun, Sunat Tetap Lancar

14 Agustus 2019, 18: 21: 58 WIB | editor : Adi Nugroho

prodamas award

BERMANFAAT: Nurwakhid (kiri) Ketua RT 13/RW 03 Kelurahan Pakunden, Kecamatan Pesantren menunjukkan barang inventaris hasil pengadaan Prodamas 2018 yang telah dimanfaatkan. (Adi Nugroho - radarkediri.id)

Share this          

KOTA, JP Radar Kediri– Warga RT 05/RW 06 Kelurahan Manisrenggo, Kecamatan Kota sempat bingung ketika tiba-tiba lampu mati. Ada pemadaman listrik dari PLN. Padahal kala itu ada anak yang sedang disunat.

Olahan masakan untuk tamu undangan pun belum matang. Bila aliran listrik tak segera menyala lagi, acara bisa amburadul. Untung saja, pengurus RT setempat telah merealisasi pengadaan genset (generator set) 6.500 watt.

Setelah menghubungi ketua RT, warga yang punya hajat itu pun tenang. Dengan bantuan mesin pembangkit listrik tersebut, khitanan berjalan lancar. “Genset itu dari alokasi anggaran prodamas. Pengadaannya pada 2018. Manfaatnya besar sekali. Banyak mendukung kegiatan dan acara di RT kami,” kata Ketua RT 05/RW 06 Manisrenggo Suratno pada tim penilai Prodamas Award saat kunjungan lapangan, kemarin.

RT ini memang memfokuskan kegiatan bidang sosial. Pengurus RT juga menggunakan sebagian anggaran prodamas untuk mewujudkan program bimbingan belajar mengaji di Musala Al Ikhlas. Pesertanya warga lanjut usia (lansia). “Anggaran prodamas kami gunakan untuk pengadaan buku ngaji, meja kecil, konsumsi, dan honor guru mengaji atau ustadnya,” tutur Suratno. Jadwal belajarnya mulai Magrib hingga Isya.

Masih di RW 06 Manisrenggo, dua RT lain yang masuk penilaian juri merealisasi bidang ekonomi dan infrastruktur. Di RT 04, Ibnu Widianto, ketua RT-nya, mewujudkan usaha persewaan panggung. Semula panggung 4 x 4 meter itu dimanfaatkan untuk kebutuhan warga setempat.

“Namun lantaran banyak peminat, akhirnya juga disewakan. Jadi panggung ini sudah dibawa ke mana-mana. Kami punya tim 4 orang yang bisa bongkar pasang,” papar Ibnu. Tak hanya panggung, ia menungkapkan, RT-nya juga bisa melayani bila penyewa menghendaki paket sekaligus hiburannya. “Ada orkes, ada pula pembawa acaranya,” imbuhnya.

Sedangkan di RT 01 telah direalisasi pembangunan saluran air, rehab atap musala, dan pavingisasi. Menurut Suparmanto, ketua RT-nya, proyek infrastruktur itu sangat dibutuhkan warganya. Mereka mengerjakannya bergotong-royong. Bahkan, nilai swadayanya cukup besar.

“Sejak ada saluran air, jalan di RT kami tak tergenang banjir lagi. Jalan paving juga membuat akses transportasi lebih nyaman. Dengan musala yang direhab, ibadah jadi lebih khusyuk,” papar Parmanto.

Sementara itu, di Kelurahan Pakunden, Kecamatan Pesantren yang dinilai ada RT 10/RW 02; RT 13/RW 03; dan RT 38/RW 07. Di tiga RT ini anggaran prodamas direalisasikan dalam berbagai bidang.

Seperti di RT 10/RW 02 memberikan bantuan sosial (bansos) natura dan alat sekolah. Ada pula pengadaan sound system. ”Ibu-ibu sini yang rutin pakai untuk senam. Setiap Senin dan Rabu,” ujar Rochim, ketua RT setempat.

Hal senada terlihat di RT 13/RW 03. Di RT yang diketuai Nurwakhid, pengadaan yang paling menonjol adalah tenda panggung besar. “Sering juga dipinjam warga di luar RT sini,” ungkapnya pada tim penilai Prodamas Award.

Di RT 38/RW 07, faktor keamanan menjadi prioritas. Maka pengadaan CCTV dipasang di 5 titik pada sudut-sudut jalan lingkungan setempat. “Kami punya motto, RT-ku Anti Maling,” ujar Sutikno, ketua RT yang berada di area perumahan Permata Biru ini.

Di Kecamatan Mojoroto, ada dua RT dinilai di Kelurahan Banjarmlati. RT 01/ RW 04 fokus bidang sosial. Lalu, RT 01/ RW 08 memilih memanfaatkan alat pesta untuk sarana perputaran ekonomi. Ketua RT Samsul Hadi memaparkan, pada 2018 warga setuju menambah peralatan pesta. “Sebelumnya 2017 sudah, tapi kita lengkapi di 2018,” katanya.

Samsul mengaku, dana prodamas sangat bermanfaat bagi masyarakat. Menurut pria 52 tahun ini, sebelum ada prodamas,  masyarakat tidak mau tahu. Tapi setelah adanya prodamas, mereka semakin peduli, ikut gotong royong dan melakukan swadaya bersama.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia