Minggu, 18 Aug 2019
radarkediri
icon featured
Politik

Branggahan Segera Punya Traffic Light

Tahap Lelang, Rencana Realisasi September

13 Agustus 2019, 18: 01: 37 WIB | editor : Adi Nugroho

perempatan branggahan

RAMAI: Suasana perempatan Branggahan, Ngadiluwih yang ramai dilewati kendaraan bermotor, kemarin. (Andhika Attar - radarkediri.id)

Share this          

KABUPATEN, JP Radar Kediri - Kebutuhan traffic light di perempatan Branggahan, Kecamatan Ngadiluwih dianggap sudah mendesak. Karena itu, rencananya lampu lalu lintas di perempatan tersebut akan segera direalisasikan. Rencananya, akan terwujud pertengahan bulan depan.

“Kalau sesuai rencana, pertengahan September mulai pembangunan,” terang Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kediri Joko Suwono kepada Jawa Pos Radar Kediri, kemarin.

Kebutuhan traffic light itu s dilatarbelakangi tingginya arus kendaraan yang melewati perempatan tersebut. Kondisi itu diamini oleh Joko. “Perempatan Branggahan memang semakin ramai arusnya. Kami pun melihat perlunya pengadaan traffic light di sana,” imbuhnya.

Meningkatnya arus perempatan itu tak terlepas dari kehadiran Jembatan Wijayakusuma. Jembatan yang berada beberapa kilometer di barat perempatan tersebut. Keberadaan jembatan itu membuat akses dari Ngadiluwih ke wilayah Kecamatan Mojo menjadi sangat mudah.

Akibatnya, banyak pengendara bermotor yang menggunakan jalur tersebut. Baik itu pengendara sepeda motor maupun mobil. Bahkan, jamak dijumpai adanya bus pariwisata yang melawati jalur Jembatan Wijayakusuma tersebut.

Bus-bus wisata itu melintas untuk menuju destinasi wisata di wilayah Mojo. Sebab, di wilayah tersebut memang terdapat lokasi wisata yang banyak diminati.

Belum lagi jalur tersebut merupakan jalur nasional yang menghubungkan Kediri–Tulungagung. Sehingga dari dulu jalur tersebut telah menunjukkan geliat keramaiannya.

Saat ini, untuk mengendalikan kepadatan di perempatan tersebut hanya mengandalkan kehadiran ‘polisi cepek’. Relawan pengatur lalu lintas itu muncul terutama saat-saat padat.

Dengan kondisi tersebut, pihak dishub merasa perlu untuk mengadakan traffic light di setiap sisinya. “Iya, rencananya di keempat sisinya akan kami adakan traffic light tersebut,” imbuh pria yang hobi bersepeda tersebut.

Lalu, sejauh apa tindak lanjut dari pengadaan traffic light tersebut oleh pihak dishub? Berdasarkan keterangan Joko, pengadaan tersebut telah masuk tahapan lelang. “Semoga prosesnya dapat berjalan lancar sehingga dapat terealisasi sesuai dengan rencana,” pungkas alumni IPDN tersebut.  

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia