Senin, 16 Sep 2019
radarkediri
icon featured
Events

Antisipasi Lonjakkan Penumpang, KAI Tambah Perjalanan Kereta

11 Agustus 2019, 12: 24: 06 WIB | editor : Adi Nugroho

kereta indonesia

BERJUBEL: Suasana Stasiun Besar Kediri jelang Hari Raya Idul Adha kemarin (10/8). Mengantisipasi lonjakan penumpang, PT KAI telah menyiapkan gerbong tambahan. (Didin Saputro - radarkediri.id)

Share this          

KOTA, JP Radar Kediri - Weekend yang bertepatan dengan libur Idul Adha membuat jumlah penumpang kereta api mengalami pelonjakan. Mengantisipasi itu, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero menambah perjalanan kereta selama libur  Hari Raya Kurban tersebut (11/8). Terutama untuk KA Brantas relasi Blitar-Pasar Senen.

Manajer Humas PT KAI Daop 7  Madiun Ixfan Hendriwintoko mengatakan, penambahan tersebut untuk mengantisipasi volume penumpang yang diprediksi meningkat. Ia menyebut, sebenarnya selama ini setiap akhir pekan memang menjadi puncak peningkatan penumpang kereta. Setidaknya bila dibandingkan hari-hari kerja.

“Kebetulan akhir pekan kali ini bersamaan dengan Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada hari Minggu (11/8). Kemungkinan besar para pengguna jasa KA melakukan perjalanan liburan ke kampung halaman masing-masing,” jelas Ixfan.

Peningkatan volume penumpang itu sudah terpantau sejak awal. Dia memaparkan bahwa pada 9 hingga 10 Agustus 2019, keberangkatan dari Pasarsenen ke arah Daop 7 Madiun tiketnya telah habis terjual. Yakni untuk KA Brantas reguler, Singasari, dan Majapahit. Kemudian untuk keberangkatan dari Blitar tujuan Pasarsenen, pada  9 sampai 11 Agustus 2019, juga sudah ada yang terjual habis. Yaitu untuk KA Brantas reguler dan Singasari. Sementara, untuk KA Majapahit relasi Malang -Pasarsenen keberangkatan 11 Agustus 2019 memang belum habis. Tapi, jumlah tiket yang tersisa pun hanya sedikit.

“Maka dengan dijalankan KA Brantas Tambahan dapat memberikan solusi bagi mereka yang belum memperoleh tiket,” ungkapnya.

Perjalanan KA Brantas Tambahan ini menurutnya difokuskan pada arus balik hari ini, Minggu (11/8). Adapun stamformasi yang digunakan adalah 7K2 (kelas bisnis) dan 1MP2 (kereta pembangkit). Kapasitasnya sekitar 448 tempat duduk dengan harga tiket Rp 365 ribu. Untuk pembelian tiketnya pun telah dibuka sejak jumat (9/8) lalu.

Jadwal keberangkatannya untuk Stasiun Kediri yakni datang pukul 14.56 WIB dan berangkat 14.59 WIB. “Bagi warga masyarakat yang berada di wilayah Daop 7 Madiun dan akan bepergian menggunakan kereta api, silakan untuk bergegas membeli tiket KA Brantas Tambahan yang telah kami sediakan,” pesannya.

Ia menegaskan, untuk pembelian tiket seperti pembelian di hari biasa. Yakni melalui aplikasi KAI Access, CC 121, web resmi KAI, dan channel ekseternal lainya yang bekerjasama dengan PT KAI.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia