Rabu, 13 Nov 2019
radarkediri
icon featured
Politik
Merajut Harmoni, Menggapai Prestasi

Sederet Prestasi Warnai Hari Jadi Ke-1140 Kota Kediri

27 Juli 2019, 16: 20: 21 WIB | editor : Adi Nugroho

mas abu

VISIONER: Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar. (M Arif Hanafi - radarkediri.id)

Share this          

 KOTA, JP Radar Kediri – Hari ini, Kota Kediri genap berusia 1140 tahun. Perayaan kali ini terasa istimewa. Sebab, diwarnai dengan teraihnya beberapa prestasi fenomenal. Seperti yang paling baru adalah terpilihnya Kota Kediri sebagai kota dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) terbaik se-Jawa Bali.

Prestasi itu melengkapi serangkaian prestasi Kota Kediri sepanjang tahun ini. Sebelumnya, Kota Kediri juga berhasil mempertahankan predikat sebagai Kota Layak Anak (KLA) tingkat madya. Juga, hari jadi kali ini diwarnai keberhasilan Kota Kediri di bidang olahraga regional Jatim. Mereka berhasil memenuhi target perolehan medali emas sekaligus menjadi runner up dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi Jatim 2019.

“Prestasi-prestasi yang kami capai selaras dengan tema besar hari jadi kali ini, merajut harmoni menggapai prestasi,” ujar Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar.

Terkait prestasi sebagai kota dengan TPID terbaik, Abu menegaskan mereka mampu mengendalikan inflasi dengan inovasi. Pengendalian yang berlangsung dari hulu ke hilir. Dengan tujuan yang lebih penting agar perdagangan antardaerah terus berjalan.

Inflasi yang hanya 1,97 persen sepanjang 2018 adalah alasan utama terpilihnya Kota Kediri. Karena penilaian TPID kali ini 50 persen dari outcome. Inflasi lebih rendah dari Jawa Timur (2,86 persen) dan nasional (3,13 persen), memberi sumbangsih besar pada penilaian.

Menurut Abu, inflasi memang harus dikendalikan untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang diharapkan. Agar masyarakat bisa berinvestasi dengan baik dan daya belinya meningkat. Juga, untuk mengurangi pengangguran.

Selain dua hal di atas, hari jadi Kota Kediri kali ini juga diwarnai beberapa perkembangan menarik. Misalnya rencana pembangunan bandara dan sudetan tol di wilayah Kabupaten Kediri yang secara langsung mengubah rencana tata ruang dan wilayah kota (selengkapnya di halaman khusus Hari Jadi Kota Kediri). Sementara itu, tadi malam rangkaian perayaan hari jadi diwarnai dengan doa bersama lintas agama. Wali Kota Kediri Abu Bakar terlihat hadir di acara yang berlangsung di ruang Jayabaya, kantor Pemkot Kediri tadi malam itu.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia