Minggu, 15 Dec 2019
radarkediri
icon featured
Politik

Ditinggal Nyuci, Rumah Dilalap Api

19 Juli 2019, 11: 11: 44 WIB | editor : Adi Nugroho

Kebakaran

TAK TERSISA: Aminah dan Sumaji mengumpulkan perabotan rumah di dapurnya yang hangus terbakar, kemarin siang. (Rekian - radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK- Nahas menimpa keluarga Aminah, 32. Rumah perempuan asal Kelurahan Jatirejo, Kecamatan Kota Nganjuk itu dilalap si jago merah sekitar pukul 10.00, kemarin. Api yang diduga berasal dari tungku dapurnya itu membuat sebagian tempat tinggalnya hangus.

Kepada koran ini Aminah menuturkan, sebelum kejadian dia tengah memasak nasi di dapur. Seperti biasa, istri Sumaji, 36, ini memasak menggunakan tungku kayu bakar.

Saat nasinya sudah matang, dia meninggalkan dapur dan mengerjakan aktivitas lainnya. “Setelah memasak nasi, saya mencuci dan jemur baju di belakang rumah,” aku perempuan berambut lurus itu.

Saat dia sedang mencuci di belakang rumah, Aminah dikejutkan dengan teriakan tetangganya yang melihat kepulan asap di atap rumahnya. Rupanya, dapur Aminah sudah dilalap api.

Dalam kondisi panik, dia masuk ke dalam rumah dengan membawa ember berisi air untuk memadamkan api. “Saya dan suami dibantu warga memadamkan api dengan alat seadanya,” lanjut Aminah.

Tetapi, upaya mereka kalah cepat dengan sebaran api. Hanya dalam hitungan menit, dapur aminah hangus terbakar. Demikian juga dengan perabotan rumahnya. Enam ekor ayam yang ada di kandang dan satu unit motor Yamaha Vixion juga tak bisa diselamatkan.

Beruntung, saat kejadian dua anaknya masih berada di sekolah. Aminah yang tangan kanannya terkena percikan api dan kakinya melepuh seolah tak memedulikan lukanya itu. “Tetangga saya juga ada yang menderita luka di tangannya terkena api,” terangnya.

Kewalahan dengan pergerakan si jago merah yang cepat, sebagian warga melapor ke UPTD Pemadam Kebakaran (Damkar). Selang 30 menit kemudian, dua unit mobil petugas memadamkan kebakaran (PMK) tiba di lokasi. Mereka melakukan pemadaman serentak agar api tak menjalar ke rumah warga lainnya.

Untuk diketahui, selain di rumah Aminah, si jago merah juga melalap dua lokasi lainnya. Pada Rabu (17/7) malam sekitar pukul 20.50, api melalap tumpukan kayu milik Nurkozin, 48, yang berada di Jalan Jenderal Panglima Sudirman, Kota Nganjuk. Kemudian, sekitar pukul 00.05, kandang sapi milik Poniran, 60, asal Desa Malangsari, Tanjunganom juga habis terbakar.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia