Jumat, 17 Jan 2020
radarkediri
icon featured
Politik

Disparporabud Sukses Gelar Pameran Koleksi Museum

Jumlah Pengunjung Capai Ratusan Setiap Hari

19 Juli 2019, 10: 10: 17 WIB | editor : Adi Nugroho

Kuno

SAKSI SEJARAH: Pengunjung melihat koleksi benda-benda kuno di stan pameran koleksi museum. (Syahrul Andry - radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK-Dinas Pariwisata, Kepemudaan, Olahraga dan Kebudayaan (Disparporabud) Nganjuk sukses menggelar pameran koleksi museum. Hal itu terlihat dari banyaknya masyarakat yang memadati Museum Anjuk Ladang, yang menjadi lokasi pameran.

Menurut Kepala Disparporabud Nganjuk Supiyanto, tingginya animo masyarakat merupakan tanda positif. Sebab, banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya mempelajari sejarah.

Kuno

PERADABAN MASA LAMPAU: Sejumlah komunitas seni dan budaya ikut ambil bagian dengan memamerkan koleksi mereka. (Syahrul Andry - radarkediri.id)

“Sejarah dan peradaban masa lalu harus tetap dipelajari. Karena banyak makna dan pesan yang dapat dijadikan pembelajaran pada masa sekarang. Salah satunya, simbol Majapahit. Di sana terdapat beberapa bagian yang memiliki arti di kehidupan,” ujarnya saat dikonfirmasi koran ini.

Dengan tingginya animo masyarakat, lanjut Supiyanto, ke depan pihaknya akan semakin melengkapi fasilitas yang ada di Muesum Anjuk Ladang. Selain itu, juga tidak menutup kemungkinan akan memindahkan museum Tipe B itu ke lokasi lain yang lebih strategis.

“Akan kami konsultasikan ke pusat dahulu. Intinya agar Museum Anjuk Ladang ke depan semakin nyaman dan menjadi pilihan destinasi wisata bagi Nganjuk,” sambung pria asal Kecamatan Gondang ini.

Untuk diketahui, pameran Koleksi Museum digelar selama tiga hari. Yakni, sejak Selasa (16/7) lalu dan berakhir kemarin. Pameran tersebut diikuti berbagai peserta. Mulai museum lain di sekitar Nganjuk hingga beberapa komunitas seni, budaya dan sejarah di Kota Angin.

Pada pameran tersebut, masyarakat dimanjakan dengan berbagai koleksi benda-benda kuno. Seperti uang lawas, sepeda antik hingga berbagai koleksi keris dan alat komunikasi pada masa itu.

Selain itu, pengunjung juga dimanjakan dengan koleksi peninggalan lain yang menjadi tanda peradaban pada masa lampau. Misalnya, alat memasak dan piring pada masa kerajaan. Hingga beberapa patung maupun arca yang banyak ditemukan di sekitar Nganjuk.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia