Jumat, 15 Nov 2019
radarkediri
icon featured
Politik
Kelas Inspirasi Eksekutif Mengajar

Wali Kota Bagi Kiat Sukses, Bupati Beri Sepatu

18 Juli 2019, 08: 48: 02 WIB | editor : Adi Nugroho

kelas inspirasi

MEMBERI INSPIRASI: Para tokoh yang kemarin tampil di Kelas Inspirasi Eksekutif Mengajar Jawa Pos Radar Kediri, Wali Kota Abu Bakar, Bupati Haryanti, Kepala BI Musni Hardi, Rektor UMM Dr Fauzan, dan Kepala RS HVA Toeloengredjo Pare dr Anna. (Tim radarkediri.id)

Share this          

  KEDIRI – Jangan remehkan membaca. Meskipun di era serba digital seperti saat ini. Kegemaran membaca tetap harus dimiliki oleh generasi milenial. Karena menjadi kunci meraih kesuksesan.

Harapan agar generasi saat ini tetap meningkatkan minat bacanya itu menjadi saripati paparan dua kepala daerah saat menjadi guru dadakan dalam ‘Kelas Inspirasi Eksekutif Mengajar’ di beberapa sekolah kemarin. Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menyampaikannya di hadapan ratusan siswa baru SMA Negeri 7 Kota Kediri. Sedangkan Bupati Kediri Haryanti menekankan hal itu kepada murid-murid SMP Bakti Nusa Plosoklaten, Kabupaten Kediri.

“Karena dengan membaca maka kalian akan menguasai informasi. Dan menguasai informasi itu menjadi kunci kesuksesan,” tegas Abu kemarin.

Dalam kesempatan itu, Abu juga membagi kiat sukses. Setidaknya seperti yang dia jalani selama ini. Sejak usia muda hingga menjadi wali kota dua periode seperti saat ini. Menurutnya, kebanyakan orang sukses adalah mereka yang berani menjual ide. “Meski tidak pintar tapi kreatif. Catat ide yang biasa saja, nanti bisa diterapkan,” saran Abu sembari menyebut beberapa nama tokoh sukses seperti pendiri Tokopedia William Tanuwijaya, pendiri Bukalapak Achmad Zaki, Vokalis Endang Soekamti Erix Soekamti, hingga penjual slime online asal Kediri Nabila  Rizky Amalia.

Di SMP Bakti Nusa, Bupati Haryanti juga menyampaikan pesan serupa. Kepada para anak didik baru di sekolah pinggiran tersebut, Haryanti berpesan agar mereka giat belajar dan membaca. Karena hanya dengan itu wawasan dan pengetahuan akan mudah didapat.

“Sebagai pelajar harus banyak-banyak membaca,” ujar kepala daerah yang bersama dengan Wali Kota Kediri mendapat penghargaan sebagai Tokoh Baca 2019 oleh Jawa Pos Radar Kediri ini.

Dalam kesempatan itu Haryanti juga membagi-bagi doorprize berupa sepatu. Sepatu diberikan kepada mereka yang bisa menjawab pertanyaannya.

Selain kedua tokoh di atas, Kelas Inspiratif Eksekutif Mengajar kemarin juga menghadirkan tiga tokoh beken lain. Yaitu Kepala BI Kediri Musni Hardi Kasuma Atmaja, Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Dr Fauzan, Kepala RS HVA dr Anna Hermawati. Musni mengajar di SMK PGRI 2 Kota Kediri, Fauzan di MAN 1 Kota Kediri, dan dr Anna di SMPN 2 Pare.

Di hadapan siswa SMK PGRI 2, Musni menceritakan dia pernah diberi nasi goreng. Karena dia saat itu membantu teman kuliahnya dalam satu tugas. “Intinya, saling berbagi ilmu itu menjadi salah satu kunci kesuksesan,” ujarnya.

Sedangkan Dr Fauzan menceritakan dirinya berasal dari keluarga tak mampu. “Sejak MAN hingga kuliah saya harus nyambi kerja agar bisa tetap melanjutkan pendidikan,” kenangnya untuk memberi motivasi pada siswa MAN 1 agar tidak minder dengan kekurangan.

Sedangkan dr Anna menegaskan apapun cita-citanya harus bersungguh-sungguh. “Juga kurangi tidur terlalu larut agar bisa konsentrasi dan menjaga kesehatan. Itu penting agar kita bisa mudah menggapai cita-cita,” ingatnya kepada siswa SMPN 2 Pare saat tahu banyak di antara mereka yang tidur terlalu malam.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia