Senin, 19 Aug 2019
radarkediri
icon featured
Show Case

RSUD Nganjuk Buka Layanan Endoskopi Saluran Cerna

Pertama di Nganjuk, Pelayanan Semakin Komplet

16 Juli 2019, 10: 49: 19 WIB | editor : Adi Nugroho

Alat

ALAT BARU: Tim RSUD Nganjuk mengoperasikan endoskopi untuk meneropong saluran cerna pasien. Di Kabupaten Nganjuk, alat ini baru dioperasikan di rumah sakit plat merah ini. (Syahrul Andry - radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nganjuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Yang terbaru, rumah sakit terbesar di Kota Angin ini membuka layanan endoskopi. Yaitu, operasional alat untuk meneropong saluran cerna menggunakan alat bantu agar mengetahui kondisi dalam tubuh manusia secara visual. Sehingga, bisa terlihat jelas setiap kelainan yang ada pada saluran cerna yang diperiksa.

Menurut dr. Sunarti, SpPD, endoskopi ada dua. Yakni endoskopi saluran cerna bagian atas atau gastroskopi. Dan endoskopi saluran cerna bagian bawah atau kolonoskopi. Adapun tujuan endoskopi adalah untuk mengetahui kondisi maupaun kelainan yang ada pada lambung dan usus manusia tanpa harus membedahnya.

“Kami masukkan alat endoskopi melalui mulut atau anus, tergantung keluhan pasien. Pada ujung alat endoskopi dilengkapi kamera kecil. Sehingga, kondisi di dalam lambung dan usus dapat diketahui langsung pada layar monitor,” ujar dokter lulusan Universitas Sebelas Maret Surakarta ini.

Alat

TINGKATKAN PELAYANAN: Direktur RSUD Nganjuk dr Fx Teguh Prartono HU, SpPD (tiga dari kiri) bersama tim di klinik penyakit dalam. (Syahrul Andry - radarkediri.id)

Selain itu, lanjut dr. Sunarti, ada beberapa penyakit yang dapat dilakukan tindakan endoskopi. Di antaranya, mag kronis, nyeri ulu hati hingga perdarahan lambung.

“Apabila didapatkan keluhan muntah darah, buang air besar berwarna kehitaman, muntah yang terus menerus tanpa diketahui penyebabnya atau buang air besar disertai darah segar, bahkan diare yang lebih dari 2 minggu dapat dicari tahu penyebabnya melalui endoskopi,” terang dokter asli Ngadiluwih, Kabupaten Kediri ini.

Terpisah, Direktur RSUD Nganjuk dr Fx Teguh Prartono HU, SpPD melalui Humas RSUD Nganjuk Eko Santoso menjelaskan, di Kota Angin endoskopi hanya ada di rumah sakit Kelas B ini. Hal itu, lanjut Eko, merupakan upaya RSUD Nganjuk untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat.

“Bagi masyarakat yang membutuhkan layanan endoskopi tidak perlu ke luar kota. RSUD Nganjuk telah memiliki layanan endoskopi,” pungkasnya kepada Jawa Pos Radar Nganjuk.

Untuk diketahui, layanan endoskopi berada pada Klinik Penyakit Dalam RSUD Nganjuk. Layanan endoksopi telah beroperasi selama sepekan lalu. Adapun seremonial peresmian tepatnya pada Sabtu (6/7) lalu. Pemotongan tumpeng oleh direktur menandai resmi beroperasinya layanan teranyar milik RSUD Nganjuk itu.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia