Sabtu, 22 Feb 2020
radarkediri
icon featured
Hukum & Kriminal

Pemuda Gampengrejo Rampas Kalung Emas Ibunya Sendiri

09 Juli 2019, 15: 45: 20 WIB | editor : Adi Nugroho

maling kalung emas

TEGA: Yuda saat diamankan di Polsek Gampengrejo. (Polsek Gampengrejo for radarkediri.id)

Share this          

KEDIRI KABUPATEN – Sungguh keterlaluan ulah Yuda Prasetiawan, 29. Kelakuan pemuda warga Jalan Mawar, Desa Turus, Kecamatan Gampengerjo ini mirip dengan cerita Malin Kundang. Beruntung tidak dikutuk ‘menjadi batu’. Namun, sebagai gantinya, Yuda dilaporkan ke polisi oleh kedua orang tuanya.

Mengapa? Ya, Yuda dijebloskan ke jeruji besi karena mencuri perhiasan milik sang ibu. Berupa kalung emas seberat 100 gram. “Oleh tersangka kalung tersebut dijual dengan harga Rp 1juta,” ujar Kapolsek Gampengrejo AKP Muklason.

Seolah sudah muak dengan kelakukan anaknya,  Kasyati langsung melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Gampengrejo. Akibat kejadian tersebut, perempuan yang sehari-hari menjadi ibu rumah tangga itu merugi Rp 3,4 juta.

Ironisnya lagi, uang hasil mencuri itu digunakan untuk bersenang-senang. Terutama untuk membeli minuman keras.

Yuda sendiri merasa kecewa dengan sikap orang tuanya. Ketika dijenguk orang tuanya, dia pun mengeluh. “Kok tega masukkan anaknya sendiri (ke penjara),” keluh Yuda di hadapan ibunya, kemarin (8/7).

Yuda benar-benar ‘bermuka dua’. Di hadapan ibunya dia memelas meminta maaf. Bahkan ia sempat menangis di pelukan sang ibu. Dan, sekejam-kejamnya ibu, hatinya luluh juga. Mata Kasyati terlihat berkaca-kaca. Setelah Kasyati meninggalkan mapolsek, wajah asli Yuda terlihat.

Berdasarkan keterangan yang didapatkan Jawa Pos Radar Kediri, kejadian pencurian tersebut terjadi pada Sabtu (6/7). Sekitar pukul 17.00 WIB, Yuda terlihat sedang duduk di kursi dapur rumahnya.  “Semula ia hendak meminjam sepeda motor milik orang tuanya,” imbuh Muklason.

Namun, keinginan Yuda itu tak mendapat hasil. Orang tuanya tak meminjamkan motor. Mereka belajar dari kejadian sebelumnya. Sebelumnya, Yuda sudah pernah menggadaikan sepeda motor milik orang tuanya.

Namun entah setan apa yang merasukinya, Yuda yang semula duduk di kursi dekat dapur kemudian berdiri dan menghampiri Kasyati. Dengan cepat tangannya merebut kalung yang saat itu melingkar dileher sang ibu. “Setelah berhasil mengambil kalung tersebut, tersangka langsung melarikan diri,” tutur Muklason.

Kasyati kemudian melaporkan aksi sang anak itu ke polsek. Mendapatkan laporan tersebut, petugas langsung  melakukan penangkapan kepada Yudo. Sayangnya kalung tersebut sudah digadaikan. Dan uang senilai Rp 1 Juta telah digunakan untuk foya-foya.

Kini akibat perbuatanya dia harus mendekam di penjara. Yuda dianggap melanggar Pasal Pasal 365 Jo 367 KUH Pidana atau pasal 365 KUHP. Sementara untuk proses selanjutnya, selain mengamankan tersangka petugas juga mengamankan barang bukti berupa satu lembar surat pembelian perhiasan kalung emas dari toko emas Cap Singa "Kencana".  

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia