Kamis, 14 Nov 2019
radarkediri
icon featured
Politik

Info PPDB Kediri: Ada Sekolah yang Masih Kurang Murid

25 Juni 2019, 10: 45: 40 WIB | editor : Adi Nugroho

ppdb kediri

MANA NAMAKU?: Calon siswa dan orang tua saling berdesakan melihat lembar pengumuman PPDB yang tertempel di dinding SMPN 1 Gampengrejo, kemarin. (Andhika Attar - radarkediri.id)

Share this          

KEDIRI KABUPATEN - Hasil seleksi penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMP negeri di Kabupaten Kediri telah diumumkan kemarin (24/6). Hasilnya, lebih dari tiga ribu pendaftar harus mencari sekolah swasta. Mereka tidak diterima di sekolah-sekolah negeri yang menjadi pilihannya.

“Mereka (peserta yang tak lolos, Red) merupakan siswa yang melakukan verifikasi PPDB namun tidak diterima di sekolah manapun,” terang Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Purwiaji.

Dalam sistem zonasi seperti sekarang ini, mereka yang tidak diterima itu memang bukan monopoli pemilik nilai ujian negara (NUN) jelek. Sebab, mayoritas kuota yang dipakai berdasarkan jarak rumah dengan sekolah. Karena itu, mereka yang tidak diterima itu memiliki jarak yang jauh dengan sekolah di zona mereka.

Karena itulah, disdik kembali menegaskan kepada orang tua dan wali murid agar tidak berkecil hati. Khususnya yang anaknya tak diterima di SMP negeri. Mereka tak masuk seleksi bukan karena dianggap tidak pandai. Namun karena pagu yang tersedia memang tak mencukupi.

Pelaksana tugas (Plt) Kadisdik Sujud Winarko menyarankan agar yang tidak lolos seleksi segera mencari sekolah swasta. Karena itu menjadi pilihan setelah proses PPDB SMP negeri selesai.

“Tidak mungkin SMP negeri itu mampu menampung seluruh lulusan siswa SD,” ucap Sujud.

Total lulusan SD yang tak tertampung di SMP negeri Kabupaten Kediri dalam PPDB ini berkisar 3.500-an siswa. Sedangkan total pendaftar mencapai 16 ribuan siswa. Pagu yang tersedia sekitar 11.600-an dari sekitar 52 sekolah (selengkapnya lihat grafis).

Meskipun sudah diumumkan kemarin, beberapa sekolah masih terbelit kekurangan murid. Jumlah yang dinyatakan diterima masih kurang untuk memenuhi pagu yang ada. Salah satunya adalah SMP Negeri 1 Gampengrejo. Sekolah yang dekat dengan Bendungan Gerak Waruturi tersebut tercatat masih memiliki pagu yang kosong sebanyak 26 kursi.

“Pagu kami totalnya sebanyak 320 kursi. Sedangkan yang diterima total dari semua jalur hanya 294 siswa,” papar Panitia PPDB SMPN 1 Gampengrejo Denok Widjajati.

Menurutnya, pihak sekolah sudah memiliki strategi untuk menutup kekurangan siswa itu. Yaitu, akan diambilkan dari peserta jalur nilai ujian nasional (NUN). Pihaknya akan kembali melakukan pemeringkatan lagi terhadap peserta dari jalur nilai tersebut. “Kami urutkan lagi dari yang nilainya tertinggi sampai terendah. Nanti akan kami ambil sebanyak kebutuhan atau kekurangan pagu kami,” imbuhnya.

Sementara itu, pendaftaran ulang peserta didik yang telah diterima akan dilakukan mulai hari ini. Tahapan tersebut akan ditutup pada Kamis (27/6) lusa. Sedangkan untuk para peserta yang tidak diterima dipersilakan pihaknya jika ingin melakukan pencabutan berkas.

Untuk diketahui, ratusan pendaftar memenuhi masing-masing sekolah di berbagai wilayah di Kabupaten Kediri, kemarin. Mereka berbondong-bondong menuju sekolah tujuan masing-masing guna melihat pengumuman PPDB. Yakni lolos atau tidaknya peserta didik baru di sekolah tersebut.

Setelah melihat pengumuman tersebut, para peserta didik baru diberikan pengarahan oleh pihak sekolah untuk tahapan ke depannya. Salah satunya adalah informasi bahwa kegiatan pengenalan lingkungan sekolah akan dilaksanakan pada 15 Juli 2019.

PPDB SMP Kabupaten Kediri

Pendaftar                                          16.240

Pendaftar terverifikasi                      15.602

Daftar tetapi tidak verifikasi             392

Pendaftar tidak lolos seleksi             3.587

Jumlah Pagu                                     11.658 kursi

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia