Sabtu, 25 Jan 2020
radarkediri
icon featured
Politik

Muncul Kendala di Hari Pertama

Jaringan Lemot Ganggu PPDB

19 Juni 2019, 15: 13: 04 WIB | editor : Adi Nugroho

ppdb smp

SABAR: Operator di SMP Negeri 1 Gampengrejo melayani pendaftar yang memintakan verifikasi, kemarin. Gangguan internet sempat membuat pelayanan menjadi lamban. (Andhika Attar - radarkediri.id)

Share this          

KEDIRI KABUPATEN - Hari pertama pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) kemarin sempat diwarnai beberapa kendala. Kendala itu terjadi baik di Kota maupun Kabupaten Kediri.

Di Kabupaten Kediri misalnya, sempat terjadi gangguan jaringan di beberapa SMP negeri. Imbasnya, pelaksanaan pendaftaran dan verifikasi memakan waktu yang lebih lama dari yang seharusnya.

Salah satu lembaga yang mengalami gangguan internet tersebut adalah SMPN 1 Gampengrejo. Hingga pukul 12.00 WIB gangguan internet tersebut masih terjadi.

Meskipun begitu, pihak sekolah tetap melayani para calon peserta didik baru yang akan mendaftar dan melakukan verifikasi. “Kami akali dengan menggunakan kuota data internet. Meskipun lemot tetapi kami tidak ingin mengecewakan wali murid yang telah hadir di sini,” ungkap Waka Kesiswaan SMPN 1 Gampengrejo Agung Purwoko Edi.

Menurut Agung, gangguan itu memengaruhi kecepatan proses pendaftaran dan verifikasi oleh para operator. Membuat proses pendaftaran menjadi lebih lama karena akses internet sangat lambat. Meskipun sejatinya server untuk PPDB tidak mengalami gangguan.

Bila koneksi internet dalam kecepatan normal, Agung mengatakan proses pendaftaran bisa selesai sekitar 10 menit untuk setiap peserta. Sedangkan untuk verifikasi hanya dibutuhkan waktu sekitar 5 menit per anak.

Namun, dengan gangguan jaringan itu pendaftaran peserta didik menjadi lebih lama. Memakan waktu hingga 20 menit per anak. “Kami sudah melaporkannya kepada pihak terkait. Semoga gangguan jaringan ini dapat segera diatasi sehingga besok (hari ini, Red) tidak terjadi lagi hal serupa,” harap Agung.

Gangguan internet itu sedikit tak terduga. Menurut Agung, pada saat pengambilan personal identification number (PIN) sebelumnya lalu, jaringan internet tidak mengalami masalah. Proses pengambilan PIN berlangsung lancar dan cepat.

Munculnya gangguan jaringan internet itu langsung diberitahukan ke wali murid atau orang tua yang datang bersama anaknya. Mereka diberi pengertian bahwa proses pendaftaran menjadi lebih lama dari seharusnya.

Masih menurut Agung, gangguan jaringan juga dialami oleh beberapa lembaga yang ada di Kabupaten Kediri. Tidak hanya terjadi di lembaganya saja. “Tadi ada informasi dari (SMP Negeri) Ngasem juga sama. (SMP Negeri) Ngadiluwih juga sama. Teman-teman (sekolah, Red) yang lain juga sama,” bebernya.

Terlepas dari gangguan tersebut, dalam pendaftaran dan verifikasi itu SMPN 1 Gampeng membuka kuota dan melayani 100 pendaftar dalam sehari. Meskipun pada paginya, lebih dari 100 orang yang datang. Alhasil, pihak sekolah pun memulangkan para wali murid yang mendapatkan nomor antrean di atas 100. “Kami minta untuk kembali lagi besok (hari ini, Red),” imbuhnya.

Sejatinya pendaftaran dan verifikasi tersebut rencananya ditutup pukul 12.00 WIB, namun pihaknya pun tetap melayani hingga pendaftar terakhir.

Untuk diketahui, pendaftaran PPDB SMP negeri di Kabupaten Kediri dibuka mulai kemarin. Pendaftaran tersebut dilaksanakan secara serentak. Baik dari jalur reguler, prestasi maupun pindah tugas. Hanya saja, pendaftaran jalur prestasi hanya diberikan waktu dua hari saja. Yakni pada 17 dan 18 Juni 2019. Sedangkan pendaftaran jalur reguler dan pindah tugas baru akan ditutup pada 20 Juni 2019.

Masalah di Hari Pertama

1.     Terkendala gangguan jaringan internet

2.     Operator mengakali dengan menggunakan paket data dari pulsa

3.     Gangguan jaringan menyebabkan proses pendaftaran dan verifikasi lebih lama

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia