Rabu, 17 Jul 2019
radarkediri
icon featured
Politik

Info PPDB Kediri: PPDB SMA Jalur Online Dibuka

17 Juni 2019, 16: 14: 55 WIB | editor : Adi Nugroho

PPDB SMA Kediri

PPDB SMA Kediri (radarkediri.id)

Share this          

KEDIRI KOTA - Pendaftaran jalur online Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA sederajat dimulai hari ini. Calon peserta didik memiliki waktu empat hari untuk mendaftar. Yakni mulai 17 hingga 20 Juni.

Cabang Dinas Pendidikan (Cabdispendik) Kediri mengingatkan bagi yang belum mengambil PIN masih ada waktu di tanggal tersebut. Tentu saja harus sesuai zona yang ditentukan.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Cabdispendik) Wilayah Kediri Sumiarso mengatakan, sebelum calon peserta didik melakukan pendaftaran online, telah ada tahapan pengambilan PIN. “Pengambilan itu sekaligus penentuan titik rumah dengan aplikasi GPS oleh operator sekolah,” katanya.

Sejauh ini, telah banyak siswa yang melakukan pengambilan PIN yang dimulai sejak 27 Mei tersebut. Terutama di awal pembukaan pengambilan. Sementara untuk mereka yang belum mendapatkannya masih ada kesempatan di empat hari terakhir ini. Terutama bagi calon peserta didik yang tidak diterima di beberapa jalur yang telah dibuka sebelumnya. Seperti jalur prestasi maupun jalur keluarga tidak mampu yang tidak memenuhi syarat.

“Jadi mereka bisa melakukan pengambilan PIN dan langsung mendaftar ke sekolah yang dituju,” tambahnya.

Sumiarso menyebut, pendaftaran online bisa dilakukan di manapun. Yang terpenting akses internet lancar. Baik di rumah maupun menggunakan fasilitas umum. Dan apabila mengalami kesulitan, bisa datang ke sekolah untuk diberi pengarahan dari pihak terkait. “Calon peserta didik melakukan pendaftaran melalui website ppdbjatim.net. Kemudian melakukan pemilihan sekolah tujuan secara online dan mencetak bukti pendaftaran,” ujarnya.

Ia mengingatkan bahwa peserta didik hanya diizinkan mendaftar sekali saja. Sebab setelah terdaftar, mereka tidak dapat mencabut kembali pendaftarannya. Untuk itu sebelum melakukan pendaftaran harus benar-benar mempertimbangkan pilihan sekolah yang akan dituju.

“Untuk pendaftar jalur zonasi dapat memilih paling banyak dua sekolah dalam zona yang ditentukan sesuai domisili,” jelasnya.

Pada jalur ini, ada dua sistem pemeringkatan. Yakni berdasarkan zona dan berdasarkan nilai ujian nasional (UN). Untuk pemeringkatan berdasarkan zona, Sumiarso menjelaskan kuotanya adalah 50 persen. Pemeringkatan ini berdasarkan jarak tempat tinggal dalam zona dengan sekolah yang dipilih. “Jika jarak sama, maka pemeringkatan berdasarkan nilai ujian nasional dan waktu pendaftaran,” sebutnya.

Sementara pemeringkatan berdasarkan nilai UN, kuotanya adalah sebesar 20 persen. Jika terdapat kesamaan nilai maka diperingkat berdasarkan urutan nilai mata pelajaran bahasa Indonesia, IPA, matematika dan bahasa Inggris. “Jika masih terdapat kesamaan, maka diperingkat berdasarkan waktu pendaftaran,” jelasnya.

Sumiarso menegaskan, calon peserta didik saat melakukan pendaftaran harus memasukkan data dengan benar. Mereka harus menggunakan dokumen yang sesuai sebagaimana yang dipersyaratkan. Sebab ada sanksi khusus bagi peserta yang melakukan pelanggaran tersebut.

Zona PPDB SMA

Kota Kediri

Zona 1

Kecamatan  : Banyakan, Semen, Mojoroto

Sekolah       : SMAN 1 Kediri, SMAN 2 Kediri, SMAN 7 Kediri

Zona 2

Kecamatan  : Wates, Gampengrejo, Kandat, Ngadiluwih, Pesantren, Ngasem, Kota

Sekolah       : SMAN 3 Kediri, SMAN 6 Kediri, SMAN 4 Kediri, SMAN 8 Kediri

Kabupaten Kediri

Zona 1

Kecamatan  : Plemahan, Plosoklaten, Puncu, Kasembon, Pare, Badas, Gurah, 

  Kayen Kidul, Kepung, Ngoro, Pagu, Kandangan, Wonosalam, 

  Bareng

Sekolah       : SMAN 1 Pare, SMAN 2 Pare, SMAN 1 Kandangan, SMAN 1

  Puncu, SMAN 1 Plosoklaten

Zona 2      

Kecamatan  : Bandar Kedungmulyo, Gurah, Papar, Kertosono, Kunjang, Pagu,

  Gampengrejo, Tarokan, Banyakan, Ngasem, Grogol, Semen, Kayen

  Kidul, Prambon, Ngronggot, Plemahan, Purwoasri, Pace

Sekolah       : SMAN 1 Plemahan, SMAN 1 Gurah, SMAN 1 Papar, SMAN 1

  Purwoasri, SMAN 1 Grogol

Zona 3      

Kecamatan  : Wates, Ngantru, Udanawu, Kandat, Kras, Mojo, Ngadiluwih,

  Ngancar, Plosoklaten, Ringinrejo, Semen

Sekolah       : SMAN 1 Kandat, SMAN 1 Wates, SMAN 1 Mojo, SMAN 1

  Ngadiluwih

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia