Rabu, 13 Nov 2019
radarkediri
icon featured
Politik

Cegah Kecelakaan, Dishub Kediri Tambah ITS

17 Juni 2019, 14: 18: 23 WIB | editor : Adi Nugroho

its kediri

ANTISIPASI LAKA: Lalu lintas di fasilitas ITS di traffic light perempatan Jalan Panglima Sudirman, Kota Kediri. (Dwiyan - radarkediri.id)

Share this          

KEDIRI KOTA – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kediri memberi perhatian khusus pada kecelakaan lalu lintas (lalin) karena pelanggaran traffic light. Apalagi, dalam lima bulan terakhir telah terjadi lima kecelakaan. Karena itu, mereka berupaya mengantisipasi.

“Kami akan lakukan penambahan ITS (intelligent transport system). Alat ini sudah dilengkapi kamera berputar, dua radar, dan speaker di tiap persimpangan,” ungkap Kabid Manajemen Lalu lintas Dishub Kota Kediri Bagus Hermawan.

Menurutnya, alat ini ampuh untuk meminimalisasi setiap pelanggaran di traffic light. Terutama yang akan menerobos lampu merah. “Sebelum lampu merah, biasanya petugas kami sudah mengimbau agar pengendara mengurangi kecepatan melalui speaker ITS,” tandasnya.

Tahun ini, lanjut Bagus, dishub baru menerapkan ITS di 16 persimpangan. Selain itu, di perempatan Jalan Brawijaya juga dipasang Advanced Traffic Signal Control Systems (ATSCS) untuk memantau sinyal kepadatan real time. “Kami lakukan itu untuk meningkatkan transportasi di Kota Kediri menuju Smart City, dan meminimalkan tindak pelanggaran bahkan kecelakaan,” terangnya.

Untuk diketahui, Kota Kediri sedang menerapkan Smart City yang dipadukan dengan penerapan ITS di sektor transportasi. Menurutnya, sistem ATCS sangat mendukung efisiensi waktu dan biaya. Karena pemantauan lalu lintas di Kota Kediri dapat langsung dipantau melalui Pusat Pengendali Lalu Lintas (PPLL).

“Sistem ini untuk mempermudah monitoring. Kami bisa imbau langsung pengendara lewat speaker ATCS. Artinya, kami bisa mengontrol melalui PPLL,” tandasnya.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia