Jumat, 15 Nov 2019
radarkediri
icon featured
Politik

Perempuan Pimpin KPU Kota dan Kabupaten Kediri

17 Juni 2019, 14: 04: 13 WIB | editor : Adi Nugroho

Logo KPU

Logo KPU

Share this          

KEDIRI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota dan Kabupaten Kediri membikin sejarah. Untuk pertama kalinya, kedua lembaga tersebut diketuai oleh perempuan. Pusporini Endah Palupi dipilih sebagai ketua KPU Kota Kediri. Sedangkan, Ninik Sunarmi sebagai ketua KPU Kabupaten Kediri.

Pemilihan keduanya dilakukan usai pelantikan dan pembekalan dari KPU RI di Surabaya, kemarin malam (Kamis, 13/6). “Usai dilantik dan mendapat pembekalan, bapak/ibu komisioner terpilih langsung mengawali tugasnya,” ujar Sekretaris KPU Kota Kediri Suroto yang ikut mendampingi para komisioner terpilih ke Surabaya.

Untuk diketahui, Pusporini adalah komisioner incumbent. Ia sudah punya banyak pengalaman dalam kepemiluan. Selain sebagai komisioner KPU periode lalu, Puspo juga pernah menjadi anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK).

Ketua KPU Kediri

Ketua KPU Kediri (radarkediri.id)

Sementara, Ninik merupakan pendatang baru. Pengalaman kepemiluannya baru sebatas anggota kelompok panitia pemungutan suara (KPPS). Selama ini, ia lebih banyak aktif sebagai pegawai honorer di Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Pemkab Kediri.

Lima komisioner terpilih periode 2019-2024 itu baru diumumkan oleh KPU RI, Rabu (12/6) lalu. Banyak wajah baru yang muncul. Untuk Kota Kediri, dari lima komisioner, tiga di antaranya wajah baru. Mereka adalah Nia Sari, Nasrudin, dan Reza Cristian. Sedangkan dua yang lain merupakan incumbent, yaitu Puspo dan Moch. Wahyudi. Anis Iva Permatasari, incumbent yang masuk sepuluh besar, tergeser.

Sementara, Kabupaten Kediri, empat orang merupakan pendatang baru. Selain Ninik, tiga yang lain adalah Nanang Qosim, Agus Hariono, dan Anwar Ansori. Satu-satunya incumbent yang masuk lima besar adalah Eka Wisnu Wardhana. Sedangkan dua incumbent lainnya yang masuk sepuluh besar tergeser. Yaitu, Hamdan Arfarina dan Ronny Juliarto Tri Ernowo.

Usai pelantikan, tugas pertama para komisioner terpilih itu menentukan ketua dan koordinator divisi (selengkapnya lihat grafis, Red). Kepada mereka, Ketua KPU Arief Budiman mengingatkan untuk memegang teguh empat prinsip. Yaitu, transparansi, profesionalisme, integritas, dan team work.

Keempat-empatnya, kata Arief, penting dan saling menunjang untuk mewujudkan pemilu yang berkualitas. “Semua pekerjaan transparan, tetapi begitu ditanya tentang pemilu, begitu ditanya tentang hasil pemilu Anda ndak ngerti. Maka yang transparan itu tidak ada artinya, karena Anda tidak paham apa itu pemilu. Maka Anda harus profesional mengerti betul apa yang dilakukan,” tegasnya saat memberi sambutan dalam pelantikan.

Arief juga mengingatkan tentang integritas. KPU akan mempermudah komisioner yang tidak berintegritas untuk diberhentikan sebagai penyelenggara pemilu. “Kalau Anda mengikuti jalannya proses pemilu, mereka-mereka yang terlibat dalam problem-problem pemilu dan tidak berintegritas, maka KPU akan menambil inisiatif untuk menyelesaikannya. Tidak perlu menunggu laporan dari orang, tidak perlu menunggu orang melaporkan ke DKPP, tapi KPU akan mengambil inisiatif untuk mempercepat prosesnya. Jadi, Anda harus hati-hati betul,” tandasnya lagi.

Komisioner KPU Kota Kediri 2019-2024

-    Pusporini Endah Palupi (ketua, koord. divisi keuangan, umum, dan logistik)

-    Moch. Wahyudi (anggota, koord. divisi SDM dan partisipasi masyarakat)

-    Nia Sari (anggota, koord. divisi teknis penyelenggaraan)

-    Nasrudin (anggota, koord. divisi data dan informasi)

-    Reza Cristian (anggota, koord. divisi hukum)

Komisioner KPU Kabupaten Kediri 2019-2024// (grafis)

-    Ninik Sunarmi (ketua, koord. divisi keuangan, umum, dan logistik)

-    Nanang Qosim (anggota, koord. divisi SDM dan partisipasi masyarakat)

-    Anwar Ansori (anggota, koord. divisi teknis penyelenggaraan)

-    Eka Wisnu Wardhana (anggota, koord. divisi data dan informasi)

-    Agus Hariono (anggota, koord. divisi hukum)

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia