Rabu, 17 Jul 2019
radarkediri
icon featured
PERSIK KEDIRI

Bersaing di Grup Timur, Persik Pastikan Lolos Verifikasi BOPI 

15 Juni 2019, 09: 51: 11 WIB | editor : Adi Nugroho

persik kediri bopi

VERIFIKASI: Sandi (tengah) menyampaikan hasil verifikasi sementara data dukung tim grup timur Liga 2 di Mess Persik Kediri, kemarin. (Didin Saputro - radarkediri.id)

Share this          

KEDIRI KOTA - Perhelatan Liga 2 akan bergulir satu minggu lagi. Pekan ini, Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) memverifikasi seluruh tim yang akan bertanding. Termasuk di grup timur, mereka menyatakan setidaknya 80 persen berkas seluruh tim di grup ini telah masuk.

Sekjen BOPI Sandi Suwardi mengatakan, untuk mengetahui gelaran Liga 2 ini berjalan baik atau tidak, pihaknya perlu mengetahui data dukung setiap klub. “Untuk wilayah timur ada beberapa klub yang sudah kita report. Sampai tadi pukul 15.00 WIB (kemarin, red) semua klub sudah mengirimkan dan memenuhi data dukung,” katanya di Mess Persik, kemarin petang.

Namun, lanjut dia, yang telah memenuhi 100 persen data dukung di wilayah timur hanya 4 klub. Sementara sisanya dalam proses penyelesaian dan pengiriman melalui surat elektronik (email). Berkaitan hal tersebut, BOPI akan pleno pada Selasa (18/6) bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB).

“Pleno ini untuk memastikan data dukung semua klub lengkap. Sehingga nanti bentuk jaminan BOPI terhadap penyelenggaraan Liga 2 dengan bentuk memberikan rekomendasi kegiatan ini,” paparnya.

Hasil kepastian tersebut, Sandi menyebut, baru bisa memaparkan setelah pleno. Menyinggung terkait klub-klub yang sudah memenuhi persyaratan data dukung, ia mengaku, salah satu yang telah selesai 100 persen adalah Persik Kediri.

“Secara keseluruhan persyaratan Persik Kediri dinyatakan lolos 100 persen alias lengkap dalam pemberkasan. Artinya klub ini berhak untuk mengikuti kompetisi Liga 2,” jelasnya.

Sandi menyebut, beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh setiap peserta kompetisi diantaranya adalah bukti bebas bebas dari tunggakan gaji pemain, pernyataan bebas pajak serta kontrak pemain hingga kesehatan manajemen dalam artian sehat dalam perihal finansial.

“Kita tidak mau saat di tengah-tengah kompetisi ada klub yang tidak sehat dan mengundurkan diri secara mendadak. Sehingga verifikasi kesehatan manajemen tim sangat diperlukan,” tegasnya.

Lebih lanjut, Sandi memastikan bahwa Persik Kediri telah menyelesaikan persyaratan itu semua. Sebagai tim yang mempunyai sejarah panjang di persepakbolaan tanah air, Sandi menyebut salut terhadap tim ini.

Sementara itu, Manajemen Persik Kediri bersyukur atas lolosnya verifikasi data yang dikirim. Sehingga secara resmi tim berjuluk Macan Putih ini masuk sebagai tim peserta Liga 2. “Alhamdulillah, ini semua tak lepas berkat kerja keras dari jajaran manajemen. Sebagai tim profesional, Persik Kediri siap menjalankan dan memenuhi sebagaimana aturan yang telah ditetapkan oleh pihak penyelenggara,” kata Manajer Persik Beny Kurniawan.

Menurutnya meski persyaratan sudah selesai, masih ada PR bagi manajemen dan tim kepelatihan untuk membenahi kerangka tim disisa waktu yang ada.

Untuk diketahui, Persik Kediri dalam Liga 2 kali ini tergabung di grup timur. Pada grup ini ada 11 tim, Persik tergabung dengan Mitra Kukar, Persatu Tuban, Madura FC, Persewar Waropen, Persiba Balikpapan, Persis Solo, PSBS Biak, PSIM Yogyakarta, Bogor FC, Martapura. Untuk laga perdana sendiri akan bergulir pada 22 Juni nanti, sebagai pembuka, Persik Kediri akan bertemu PSBS Biak di Stadion Brawijaya.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia