Rabu, 17 Jul 2019
radarkediri
icon featured
Politik

Info PPDB Kediri: Semua Ingin Langsung Dapat PIN

Calon Peserta Didik Banjiri Sekolah

11 Juni 2019, 22: 23: 05 WIB | editor : Adi Nugroho

ppdb sekolah

MEMBELUDAK: Calon siswa dan orang tua mengerubuti meja panitia PPDB di SMP Negeri 1 Ngasem, kemarin. Mereka memanfaatkan waktu di hari pertama pengambilan PIN. (Andhika Attar - radarkediri.id)

Share this          

KEDIRI KABUPATEN - Hari pertama pengambilan personal identification number (PIN) dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMP langsung diserbu pendaftar. Kepadatan calon siswa itu terlihat di beberapa sekolah. Suasana semakin riuh karena mayoritas para siswa itu disertai oleh orang tua masing-masing.

Salah satu sekolah yang kebanjiran pendaftar yang akan mengambil PIN adalah SMP Negeri 1 Ngasem. Di sekolah ini ratusan calon siswa mengerubuti lima meja yang telah disiapkan panitia untuk melayani mereka. Mereka berusaha mendapatkan PIN di hari pertama kemarin.

Pihak sekolah sejatinya sudah mengantisipasi membeludaknya pengambil PIN. Hal itu berdasarkan pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya.

“Sudah dari dulu memang banyak yang berminat untuk bersekolah di sini. Bahkan sebelum adanya zonasi ini, anak-anak yang nilainya bagus dari Pagu juga banyak yang ke sini,” ujar Waka Kesiswaan SMPN 1 Ngasem Khoirul Anwar.

Benar saja, peserta didik yang berniat mengambil PIN di SMP itu pun tak kurang dari seratus orang pada hari pertama. Saat koran ini datang di lokasi, para wali murid telah memadati meja panitia. Sesekali para peserta didik baru yang masih mengenakan seragam putih-merah ikut masuk ke kerumunan. Membuat suasana bertambah ramai.

Para wali murid itu memiliki keinginan sama. Yaitu memastikan anaknya langsung mendapat PIN di hari pertama kemarin. Tentu saja keinginan itu sulit terealisasikan. Tidak semua pendaftar bisa mendapat PIN saat itu juga.

“Tidak mungkin kita tampung semua dalam satu hari ini. Tidak akan cukup waktunya,” dalih Khoirul.

Pria berambut putih itu menambahkan, panitia hanya melayani antrean hingga nomor urut 83 saja. Sementara para peserta didik baru yang belum bisa mendapatkan PIN kemarin masih akan kembali dilayani hari ini.

Walaupun sudah melakukan antisipasi, Khorul mengakui pihaknya tidak menduga bakal seramai itu suasana pengambilan PIN hari pertama. Namun, pihaknya memaklumi dengan kondisi tersebut. Karena banyak orang tua murid yang takut tak bisa memasukkan anaknya ke sekolah negeri. Pasalnya, sistem zonasi ini baru dilaksanakan pada tahun ini. Sehingga ia merasa wajar apabila wali murid merasa kurang paham atau pun khawatir anaknya tidak mendapatkan sekolah.

Berdasarkan jadwal PPDB dari Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri, pengambilan PIN berlangsung mulai kemarin (10/6). Para orang tua bisa memanfaatkannya  hingga Sabtu (15/6). Artinya, ada waktu lima hari untuk mendapatkan PIN yang nantinya digunakan untuk mendaftar PPDB.

Sebenarnya, pengambilan PIN itu tak harus dilakukan di sekolah tujuan. Calon peserta didik baru dapat mengambil PIN di sekolah terdekat dengan domisilinya. Hanya saja, untuk wilayah Ngasem, lembaga yang ada memang hanya di SMP tersebut. Tak ayal, banyak peserta didik baru pun yang memutuskan mengambil PIN di SMP 1 Ngasem.

Masih menurut Khoirul, pihak operator dapat melayani satu peserta didik paling cepat selama 5 menit. Bahkan ada pula yang memakan waktu hingga 10 menit. Padahal, pada saat simulasi sebelumnya, satu anak dapat dilayani sekitar 3 menit. Namun itu semua berbeda dengan praktik waktu di lapangan.

“Bagaimanapun proses ini semua tergantung jaringan. Kalau sudah ada gangguan sedikit pasti akan berefek kepada pelaksanaannya,” papar Khoirul.

Proses yang memakan waktu lama adalah saat operator harus mengukur jarak rumah peserta didik. Pasalnya, hitungan yang digunakan oleh pihaknya tersebut menggunakan aplikasi google maps.

Tentang PIN PPDB SMPN

1.     Pengambilan PIN mulai 10 hingga 15 Juni 2019.

2.     Pengambilan PIN bisa di sekolah-sekolah terdekat dengan rumah calon peserta didik baru.

3.     Saat mengambil PIN, wajib membawa KK asli dan nomor USBN SD.

4.     PIN digunakan peserta didik baru untuk melakukan pendaftaran PPDB.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia