Selasa, 23 Jul 2019
radarkediri
icon featured
Politik

Balik Mepet karena Tiket Kereta Api Habis

10 Juni 2019, 15: 21: 41 WIB | editor : Adi Nugroho

kereta api

PADAT: Penumpang di Stasiun Kediri. (Didin Saputro - radarkediri.id)

Share this          

KEDIRI KOTA – Kepadatan penumpang kembali terlihat di Stasiun Besar Kediri. Kali ini, kepadatan itu terjadi karena warga yang hendak balik ke kota asal masing-masing. Mereka memanfaatkan jasa kereta api yang memang paling banyak diburu selama tradisi mudik Lebaran tahun ini.

Bahkan, karena banyak peminat, tiket kereta api sudah banyak yang habis sebelum Lebaran. Termasuk tiket untuk balik ke kota domisili.

Sulitnya mendapatkan tiket itu diakui oleh Dwi Prasetyo, 24. Warga Mojoroto ini terpaksa balik ke Jakarta, tempat kerjanya, kemarin (9/6). Padahal, jadwal masuk kerjanya pada hari ini, Senin (10/6). “Iya, terpaksa mepet pulangnya,” ujar Dwi saat ditemui di sela-sela menunggu kedatangan kereta kemarin sore.

Dwi merupakan penumpang kereta api Gajayana jurusan Malang-Jakarta. Tiba di Stasiun Besar Kediri sekitar pukul 16.15 WIB. Dan sampai di kota tujuannya, Jakarta, sekitar waktu subuh.

Menurut Dwi, dia sudah harus kembali ke Jakarta karena memang cutinya sudah habis. Karena datang sekitar subuh, Dwi mengaku baru memasuki kantor pada siang harinya.

Kenapa mencari tiket pulang yang mepet dengan jadwal masuk kerjanya? Dwi mengaku sebenarnya sudah berusaha membeli tiket balik untuk 8 Juni. Sayangnya, saat antre lewat online sebelum Lebaran dia tak mendapatkannya. Dia hanya bisa memperoleh tiket balik pada 9 Juni. Pembelian tiket balik itu sudah dia lakukan be berapa bulan lalu. Sejak penjualan tiket mudik dan balik dibuka oleh PT KAI.

“Alhamdulillah dapat tiket keretanya. Tidak apa-apa (meskipun) mepet dengan waktu masuk kerja,” ucapnya sembari tertawa.

Dwi mengaku sudah biasa ketika harus bolak-balik Jakarta-Kediri ketika Lebaran ataupun saat libur hari raya lainnya. Ia seringkali merasakan padatnya penumpang yang hendak naik kereta. Menurutnya di Stasiun KA Kota Kediri penumpangnya seperti tahun lalu, ramai. Namun tidak sampai berdesak-desakan saat mengantre.

Selama libur Lebaran kali ini, kondisi Stasiun Besar Kediri memang ramai. Untuk arus balik seperti kali ini, jumlahnya juga meningkat tajam. Namun, sejak pembenahan fasilitas kereta api berlangsung beberapa tahun terakhir, kepadatan penumpang yang terjadi selalu terkontrol. Karena tiket yang dijual juga sudah disesuaikan dengan kapasitas gerbong yang ada.

Kemarin, tidak hanya penumpang yang menunggu kereta Gajayana saja yang memadati Stasiun Besar Kediri. Mulai pagi hingga sore hari penumpang masih terlihat ramai. Sebagian menunggu kereta yang mengantar kembali ke tempat perantauan seperti kereta Brantas, Matarmaja, Kahuripan, Malioboro Express, dan lainnya.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia