Rabu, 13 Nov 2019
radarkediri
icon featured
Politik

ASN Bolos, Pemkab Kediri Siapkan Sanksi Indisipliner

10 Juni 2019, 15: 14: 21 WIB | editor : Adi Nugroho

PNS bolos

PNS bolos (radarkediri.id)

Share this          

KEDIRI KABUPATEN - Pemkab Kediri terus berupaya meningkatkan kedisiplinan para aparatur sipil negara (ASN)-nya. Salah satunya menutup peluang bagi para pegawai pemerintah itu untuk bolos di hari pertama masuk kerja usai cuti Lebaran kali ini. Pemkab pun telah menyiapkan sederet sanksi bagi mereka yang nekat melanggar.

Sanki bagi para ambtenaar yang masih nekad ‘meliburkan diri’ itu beragam. Mulai dari sanksi ringan hingga yang berat. Bergantung pada jenis kesalahan.

“Untuk yang melanggar, secara detail akan kami koordinasikan dengan Inspektorat Pemkab Kediri. Sanksi sendiri akan disesuaikan dengan ketentuan yang ada,” tegas Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kediri Krisna Setiawan, saat dihubungi koran ini.

Menurutnya, yang dikatakan membolos tersebut adalah pegawai yang tidak masuk kerja tanpa alasan yang diterima. Bagi mereka yang kedapatan melanggar, maka akan diproses. Mereka akan dikategorikan sebagai pegawai yang tidak disiplin. Yakni karena melakukan pelanggaran terhadap kewajiban PNS. Sebagaimana diatur dalam PP 53 Tahun 2010 Pasal 3 Angka 17 tentang disiplin PNS.

Tingkatan sanksi mulai dari ringan, sedang, hingga berat. Untuk sanksi ringan mulai dari teguran lisan, tertulis, hingga pernyataan tidak puas secara tertulis. Sementara itu, sanksi sedang terdiri dari penundaan kenaikan gaji dan pangkat, hingga penurunan pangkat selama satu tahun.

“Sanksi berat terdiri dari penurunan pangkat selama tiga tahun, pemindahan dalam rangka penurunan pangkat, hingga pemberhentian dari PNS,” beber Krisna.

Berdasarkan keterangan Krisna, Pemkab Kediri juga merencanakan menggelar inspeksi mendadak (sidak) pada hari pertama masuk kerja hari ini. Hasil dari sidak itu akan dilampirkan langsung melalui aplikasi kepada Menteri Pembedayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

“Kami akan melaksanakan sidak di semua satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan kecamatan,” ungkap Krisna.

Seperti yang diketahui bersama, cuti bersama telah berakhir. Praktis, hari ini pun kegiatan dan tugas para PNS itu pun sudah harus kembali seperti sedia kala. Pemkab Kediri sendiri mengimbau kepada jajarannya untuk masuk secara efektif sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Sanksi PNS Bolos

Sanksi                  Ancaman

Ringan                  Teguran lisan, tertulis hingga pernyataan tidak puas secara tertulis.

Sedang                 Penundaan kenaikan gaji dan pangkat, hingga penurunan pangkat selama 1 tahun.

Berat           penurunan pangkat selama 3 tahun, pemindahan dalam rangka penurunan pangkat hingga pemberhentian dari PNS

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia