Rabu, 17 Jul 2019
radarkediri
icon featured
Ekonomi

Panglima Sudirman Mulai Padat

Meningkat 200-an Kendaraan Per Jam

03 Juni 2019, 11: 23: 16 WIB | editor : Adi Nugroho

jalur padat

MENGULAR : Kendaraan dari arah Tulungagung terlihat padat merayap di Jalan Panglima Sudirman. Kawasan tersebut menjadi langganan macet jelang hari raya. (Didin Saputro - radarkediri.id)

Share this          

Tiga hari menjelang Hari Raya Idul Fitri, kepadatan lalu lintas di Kota Kediri semakin terlihat. Terutama kendaraan dari luar yang masuk kota. Dari pantauan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kediri, kemarin merupakan puncak peningkatan kendaraan yang masuk Kota Kediri.

Kepala Bidang Manajemen Lalu Lintas Dishub Kota Kediri Bagus Hermawan menyampaikan, ada sejumlah titik di Kota Kediri yang menjadi pengawasan utama dishub. “Kami hitung kendaraan yang melintas rata-rata per jam,” kata Bagus.

Perhitungan tersebut terfokus dilakukan pada akhir pekan minggu ini. Sebab diperkirakan pekerja dari luar daerah memanfaatkan dua hari di akhir pekan. Yakni Sabtu dan Minggu, untuk mudik Lebaran. Dari perhitungan yang dilakukan dishub, rata-rata per jam ada peningkatan 100-200 kendaraan. “Seperti di Jalan Panglima Sudirman. Hari-hari biasa hanya 1.585 kendaraan meningkat menjadi 1.744 kendaran perjam,” jelas Bagus.

Dari pantauan kemarin, Jalan Panglima Sudirman (Pangsud) memang terlihat kepadatan lalu lintas. Terutama di jam-jam sibuk mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Kendaraan terlihat mengular hingga depan Masjid Agung Kota Kediri.

Jika dilihat dari tahun-tahun sebelumnya, Pangsud memang menjadi titik yang selalu ramai. Selain ada salah satu pusat perbelanjaan besar, juga banyaknya kendaraan yang parkir di bahu jalan menjadi salah satu pemicu kemacetan.

Seperti yang dirasakan Suwono, pria asal Tulungagung ini mengaku bahwa di daerah Alun-alun Kota Kediri kemarin mengalami peningkatan signifikan. “Mungkin karena banyak yang belanja di Jalan Dhoho dan Ramayana. Jadi kendaraan dari selatan tersendat,” ujar pria yang kemarin usai berbelanja di kawasan Pangsud tersebut.

Selain Pangsud, dari pantauan dishub, titik peningkatan kendaraan hingga kemacetan lainnya juga terjadi di ruas Jalan Dhoho. Banyaknya warga yang berbelanja juga menjadi penyebabnya. Di luar dua jalur tengah kota tersebut, peningkatan lain ada di Jalan Urip Sumoharjo, Brigjen Katamso, dan Bandar Ngalim.

Kepadatan di area itu juga dikatakan Kasatlantas Polres Kediri Kota AKP A. Risky Ferdian. Menurutnya, polisi yang berada di pos penjagaan Alun-Alun juga sudah melakukan penguraian. Kepadatan itu mulai berkurang setelah melewati Ramayana hingga Jalan Dhoho dan Yos Sudarso.

Selain itu, polisi juga mengalihkan arus agar tidak terjadi kemacetan di Jalan Pattimura. Dari arah selatan, kendaraan tak bisa belok ke jalan Pattimura tapi memutar ke Jalan Yos Sudarso.

Risky menjelaskan bahwa di lihat dari tahun-tahun sebelumnya, titik kemacetan menjelang Lebaran terjadi di pusat perbelanjaan di Kota Kediri. Mulai di Jalan Hayam Wuruk, Jalan Panglima Sudirman, Jalan Yos Sudarso. “Untuk pantauan tempat lain yang mengamali penambahan volume kendaraan juga terjadi di Mrican, Mojoroto,” imbuhnya.

Penambahan volume terjadi pada saat pagi hari, sore, dan malam. Polisi yang berjaga di pos pengamanan operasi Ketupat Semeru juga harus siaga untuk mengurai jika terjadi kemacetan.

Untuk tempat yang tidak memiliki pos pengamanan, Satlantas akan mengarahkan anggota yang terdekat untuk membantu penguraian kemacetan. Untuk langkah antisipasi agar tidak terjadi kemacetan di jalur utama seperti saat menjelang lebaran seperti ini, petugas juga sudah mempersiapkan petunjuk rute alternatif.

Mulai Padat di Jalanan

1. Jalan Urip sumoharjo     dari 1.321 kendaraan jadi 1.453 kendaraan

2. Jalan  Brigjen Katamso   dari 472 jadi 520 kendaraan

3. Jalan Sudirman               dari 1.585 jadi 1.744 kendaraan

4. Jalan Bandarngalim        dari 1487 kendaraan jadi 1636 kendaraan

Sumber: Hasil Penghitungan Dishub Kota Kediri

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia