Selasa, 16 Jul 2019
radarkediri
icon featured
Politik

Hari Ini Puncak Arus Mudik, Tim Gabungan Siap Siaga

02 Juni 2019, 16: 58: 10 WIB | editor : Adi Nugroho

arus mudik

MUSIM MUDIK: Arus mudik sudah mulai terasa di pertigaan Mengkreng, Kecamatan Purwoasri pada Sabtu (1/6) dini hari. Nanti malam diprediksi mulai meningkat. (Andhika Attar - radarkediri.id)

Share this          

KEDIRI KABUPATEN - Mendekati Lebaran arus lalu lintas (lalin) para pemudik sudah mulai terasa meskipun masih relatif lancar. Peningkatan arus kendaraan diprediksi baru akan terjadi pada malam hari ini (2/6).

Prediksi arus mudik tersebut disampaikan Kapolres Kediri AKBP Roni Faisal Saiful Faton. Ia memperkirakan, peningkatan arus mudik akan lebih padat terutama di wilayah Mengkreng, Purwoasri. Itu jalur pertemuan wilayah perbatasan Kediri- Nganjuk-Jombang.

Oleh karena itu, pihaknya pun melakukan monitoring di Pos Mengkreng, kemarin siang. “(Arus mudik) sudah mulai terasa sebenarnya. Bisa jadi puncak arus mudik akan mencapai puncaknya mulai hari Minggu, Senin, dan Selasa nanti,” papar Roni kepada Jawa Pos Radar Kediri saat ditemui di Pos Mengkreng, kemarin siang.

Prediksi yang dilontarkan Roni bukanlah tak berdasar. Ia memprediksi arus mudik baru akan mulai terasa hari ini karena aparatur sipil negara (ASN) masih belum bisa melakukan perjalanan pulang kampung. Pasalnya, untuk para pegawai tersebut masih harus masuk di instansi masing-masing Sabtu (1/6) kemarin.

Hal itu karena para ASN harus mengikuti upacara peringatan Hari Kelahiran Pancasila. Kegiatan itu wajib diikuti oleh seluruh ASN di Kabupaten Kediri. Bahkan tak hanya itu, para ASN yang telanjur mudik dan telah berada di kampung halaman pun tetap harus mengikuti upacara. Sehingga, mau tidak mau mereka pun mengikuti upacara tersebut di daerah atau instansi lain.

“Sekarang (kemarin) ini kan masih ada kegiatan upacara dari instansi-instansi pemerintahan, makanya belum banyak yang mudik,” imbuh pria berpangkat dua melati di pundak tersebut.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kediri Djoko Suwono. Pihaknya memprediksi, puncak mudik akan berlangsung hari ini. Ia pun memperkirakan peningkatan arus mudik baru akan terasa pada malam harinya.

“Titik kemacetan tetap ada di Mengkreng. Di prediksi puncak mudik tanggal 1 dan 2 Juni ini,” imbuh Djoko kepada koran ini melalui pesan singkat WhatsApp (WA) pada Jumat (31/5) kemarin.

Lebih lanjut, untuk menyambut arus mudik tersebut seluruh dinas terkait pun telah siap. Mulai dari personel Polri, TNI, dishub, tenaga kesehatan, dan yang lainnya mulai bersiaga di pos masing-masing. Personel gabungan tersebut memang telah dipersiapkan berjaga di setiap pos pengamanan dan pelayanan yang ada.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia