Rabu, 17 Jul 2019
radarkediri
icon featured
Ekonomi

Antisipasi Kemacetan, Siapkan Jalur Alternatif

Segera Aktifkan CCTV Pantau Lalu Lintas

31 Mei 2019, 14: 26: 56 WIB | editor : Adi Nugroho

jalur alternatif

UNTUK URAI KEMACETAN: Polres Nganjuk memasang rambu jalur alternatif di perempatan lampu merah Kecamatan Bagor. Jika terjadi kemacetan, arus lalu lintas akan diarahkan ke jalur tersebut agar kepadatan bisa terurai. (Rekian - radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK - Polres Nganjuk menyiapkan beragam alternatif untuk mencegah kemacetan saat arus mudik dan balik Lebaran nanti. Selain membatasi kendaraan angkutan berat mulai pukul 00.00 dini hari tadi, korps baju cokelat juga menyiapkan jalur alternatif untuk mengurai kepadatan kendaraan.

          Pantauan koran ini, kemarin Polres Nganjuk sudah memasang sejumlah rambu-rambu jalur alternatif di sejumlah simpul kemacetan. Di antaranya di perempatan lampu merah Kecamatan Bagor. “Bila terjadi kepadatan arus, kendaraan akan dialihkan ke jalur alternatif,” ujar Kasatlantas  Polres Nganjuk AKP AM Ridho Ariefianto.   

          Jalur alternatif tersebut, lanjut Ridho, akan mengarahkan kendaraan dari Kecamatan Bagor menuju Rejoso hingga ke Wilangan. Pembuatan jalur alternatif di sana, menurut Ridho berdasar hasil survei yang dilakukan beberapa waktu lalu. Perempatan Bagor dianggap jadi salah satu titik rawan macet saat arus mudik dan balik Lebaran.

          Ridho berharap, penambahan bahu jalan selebar dua meter yang dimulai awal Mei lalu bisa tuntas sebelum Lebaran. Sehingga, arus di jalur nasional bisa lancar. “Beberapa kali terjadi penumpukan kendaraan karena masih banyak pekerjaan di jalan,” lanjut Ridho.

          Untuk diketahui, selain di perempatan Bagor, santantas juga menyiapkan jalur alternatif di beberapa titik rawan macet lainnya. Termasuk di perempatan Kertosono yang menjadi langganan macet setiap arus mudik dan balik Lebaran.

          Jalur alternatif di sana, menurut Ridho bisa tembus hingga ke Kota Nganjuk dan Kabupaten Kediri. “Begitu ada kemacetan, arus akan kami alihkan ke jalur alternatif,” terangnya.

          Untuk diketahui, hingga H-5 Lebaran kemarin, arus lalu lintas di jalur arteri masih dalam kondisi normal. Meski demikian, perwira dengan pangkat tiga balok di pundak ini tetap menyiagakan anggotanya untuk melakukan pemantauan. Diprediksi arus mudik akan mulai ramai pada Sabtu (1/6) dan Minggu (2/6) nanti.

          Sementara itu, selain menyiapkan jalur alternatif, satlantas juga akan mengaktifkan Closed Circuit Television (CCTV) yang tersebar di sejumlah lokasi. Kamera yang sudah terpasang di sejumlah perempatan itu menurut Ridho sangat bermanfaat untuk memantau arus lalu lintas. Terutama jika terjadi kemacetan dan kepadatan arus.

          Tidak hanya untuk mengontrol lalu lintas, aktivasi CCTV juga untuk mengantisipasi terjadinya kejahatan jalanan. “Kami sudah berkomunikasi dengan instansi terkait agar CCTV-nya bisa segera diaktifkan,” tutur pria yang hobi bermain badminton ini.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia