Jumat, 15 Nov 2019
radarkediri
icon featured
Events

Ribuan  Warga Datangi ‘Salam Tempel’ GG

30 Mei 2019, 14: 30: 26 WIB | editor : Adi Nugroho

salam tempel gudang garam

SANGU LEBARAN: Seorang warga menerima uang salam tempel Lebaran dari petugas PT Gudang Garam Tbk. (Didin Saputro - radarkediri.id)

Share this          

KEDIRI KOTA – Ada kebiasaan yang dilakukan PT Gudang Garam Tbk setiap kali mendekati Hari Raya Idul Fitri. Kebiasaan itu adalah membagikan sedekah kepada warga Kediri dan sekitarnya. Istilah perusahaan rokok tersebut adalah memberikan ‘salam tempel Lebaran’.

Kemarin (29/5), kegiatan tahunan itu berlangsung di Unit I kompleks PT GG di Semampir. Ratusan juta rupiah dibagikan kepada ribuan masyarakat. Meskipun diikuti ribuan orang, pelaksanaan pembagian sedekah itu berlangsung tanpa kericuhan.

Ribuan warga berbondong-bondong ke area Unit I GG sejak dini hari. Bahkan, warga sudah mulai berdatangan sebelum azan subuh berkumandang. Sebagian yang terlihat adalah lansia dan wanita yang membawa serta anak-anak.

Muklis, warga Kelurahan Dandangan, mengaku datang bersama teman-temannya. Berombongan mereka berjalan kaki menuju Unit I. Dia berangkat setelah sahur.  “Alhamdulillah ini juga berkah bagi kami warga sekitar pabrik, setiap tahun selalu ada kegiatan ini,” ucapnya.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Kediri yang datang paling awal memang warga di sekitar lokasi pabrik rokok terbesar tersebut. Mereka rata-rata datang dengan berjalan kaki. Kemudian menunggu dengan duduk di tempat antrean paling depan.

Usai subuh, warga yang datang semakin banyak. Dari informasi ada yang dari Kabupaten Nganjuk dan Jombang. Mereka datang berombongan dengan menumpang pikap.

Ditemui usai acara, Kabag Humas PT Gudang Garam Tbk Iwhan Tri Cahyono menyampaikan, kegiatan kemarin merupakan bentuk kepedulian GG kepada warga sekitar. Khususnya warga yang kurang mampu. “Alhamdulillah hari ini (kemarin, Red) kami kembali bisa melaksanakan sedekah perusahaan untuk warga sekitar. Terutama bagi kaum duafa,” ujarnya.

Tradisi seperti ini, Iwhan memaparkan, telah dilakukan GG sejak lama. Pelaksanaannya sudah berlangsung sejak 1958 silam. Selalu dilakukan setiap menjelang Lebaran. Diinisiasi oleh pendiri perusahaan Suryo Wonowidjojo. Kegiatan tersebut juga sebagai bentuk syukur PT Gudang Garam Tbk. Dan salah satu upaya mendekatkan perusahaan dengan masyarakat.

“Untuk sekarang bertepatan dengan hari terakhir kerja karyawan GG pada 29 Mei menjelang libur Hari Raya Idul Fitri,” imbuhnya.

Iwhan menerangkan, warga sekitar yang datang untuk mendapatkan salam tempel ini menurun dari tahun lalu. Jika tahun lalu sekitar 8 ribu warga, tahun ini hanya sekitar 4 ribu warga yang datang. Meski demikian, nominal salam tempel tahun ini meningkat dua kali lipat. Yakni sebesar Rp 50 ribu.

Banyaknya warga yang datang untuk mendapatkan sedekah membuat pengamanan yang dilakukan secara ketat. Personil pengamanan yang diturunkan tak hanya dari kepolisian saja. Juga ada puluhan personil TNI yang terlihat ikut berjaga. Tampak pula Kapolres Kediri Kota AKBP Anthon Haryadi di lokasi pembagian sedekah.

Pengalaman GG dalam membagi sedekah setiap tahun membuat acara kemarin berlangsung lancar tanpa insiden. Pengaturan antrean dan pembagian sedekah pun tertata rapi. Hal itu juga tak lepas dari pengamanan yang berlangsung ketat. Setidaknya ada 350 personel yang dikerahkan dalam penjagaan kemarin.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia