Rabu, 17 Jul 2019
radarkediri
icon featured
Ekonomi

Revitalisasi Pasar Bendo: Ruko Depan Sengaja Dibiarkan

26 Mei 2019, 15: 27: 02 WIB | editor : Adi Nugroho

pasar bendo kediri

DIRATAKAN: Alat berat digunakan untuk pembersihan sisa reruntuhan di sisi utara Pasar Bendo, Pare. (Andhika Attar - radarkediri.id)

Share this          

KEDIRI KABUPATEN - Ruko depan Pasar Bendo Pare rencananya akan dirobohkan pada saat revitalisasi tersebut berlangsung. Namun, dalam pelaksanaannya kemarin (25/5), ruko tersebut justru sengaja tidak dirobohkan terlebih dahulu.

Perubahan agenda tersebtu diamini oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kabupaten Kediri Tutik Purwaningsih. “Untuk perobohannya (ruko) yang depan itu sengaja tidak dirobohkan dulu. Sambil untuk pagar,” jelasnya kepada Jawa Pos Radar Kediri.

Lebih lanjut, pihaknya pun menegaskan bahwa telah berkoordinasi dengan pihak ketiga dari proyek tersebut, yakni CV Hisyam Putra. Membahas terkait perobohan dari ruko depan itu sendiri.

Berdasarkan koordinasi tersebut, disepakati bahwa perobohan akan dilakukan belakangan. Perempuan berkacamata tersebut pun menegaskan bahwa secara aturan hal tersebut tidak dipermasalahkan.

“Soalnya di situ (lokasi ruko depan, Red) nanti adalah lokasi untuk pembangunan taman,” papar Tutik.

Terkait taman sendiri, hal itu merupakan masterplan dari Disdag sendiri. Hanya saja, ke depannya jika perlua diadakan perawatan atau meningkatkan menjadi lebih cantik, pihaknya mungkin akan meminta bantuan dinas lingkungan hidup.

Sementara ruko bagian depan tidak dirobohkan dahulu, perlakuan berbeda dilakukan untuk sisi utara. Di sana terlihat perobohan sudah dilaksanakan. Sehingga untuk pagar pembatasnya didirikan dengan material kayu dan seng.

Berdasarkan pengamatan koran ini, beberapa pekerja terlihat sedang merangkai besi untuk dijadikan kerangka cor. Selain itu, ada pula beberapa pekerja lainnya yang mengerjakan pembangunan di bagian pondasi pasar nantinya. Aktivitas perobohan di sisi utara pun terpantau masih dilakukan di beberapa titik.

Untuk diketahui, CV Hisyam Putra telah ditetapkan menjadi pemenang lelang revitalisasi pasar Bendo, Pare pada akhir bulan lalu. CV asal Kota Kediri tersebut memberikan harga penawaran sebesar Rp 6,5 miliar.

Data tersebut didapatkan Jawa Pos Radar Kediri dari situs resmi Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Kediri. Dari situs tersebut, diketahui bahwa harga perkiraan sendiri (HPS) dari proyek revitalisasi pasar tersebut sebesar Rp 6,9 miliar.

Dalam situs LPSE Kabupaten Kediri sendiri, penandatanganan kontrak sendiri tercatat dilaksanakan antara 26 – 29 April 2019. Dalam proses itu sendiri sempat terjadi satu kali perubahan.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia