Jumat, 18 Oct 2019
radarkediri
icon featured
Politik

Info PPDB Prestasi Kota Kediri: Kuota 31, Pendaftar 365

24 Mei 2019, 15: 53: 15 WIB | editor : Adi Nugroho

seleksi ppdb prestasi kediri

SELEKSI: Penerimaan jalur prestasi di SMPN 4 Kota Kediri. (Didin Saputro - radarkediri.id)

Share this          

KEDIRI KOTA - Warga luar Kota Kediri yang ingin bersekolah di Kota Kediri harus benar-benar memanfaatkan satu hari ini. Karena hari ini merupakan hari terakhir bagi mereka mengikuti proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) melalui jalur prestasi.

Bila tak mampu memanfaatkan kesempatan ini, peluang siswa luar Kota Kediri bakal tertutup. Karena setelah ini tahapan PPDB adalah jalur reguler melalui sistem zona. Dan untuk sistem zona itu pesertanya hanyalah calon siswa yang beralamat di Kota Kediri.

“Karena untuk jalur zonasi diperuntukkan bagi warga Kota Kediri. Dan berdasarkan kartu keluarga (KK),” terang Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Siswanto.

Untuk jalur prestasi sendiri, prosesnya berlangsung mulai kemarin. Diikuti oleh ratusan calon peserta. Mereka adalah siswa yang merasa memiliki prestasi di atas rata-rata. Baik itu jalur akademik maupun non-akademik. Dan melalui jalur inilah disdik masih membuka peluang siswa dari luar Kota Kediri yang ingin bersekolah di lembaga yang berada di bawah naungannya.

“Itu juga tetap melihat karakteristik sekolah masing-masing. Karena antarsekolah memiliki karakteristik yang berbeda-beda,” imbuh Siswanto terkait pemilihan siswa melalui jalur prestasi ini.

Ia mencontohkan seperti di SMPN 6 Kota Kediri. Misalkan anak tersebut memiliki bakat karawitan, maka peluangnya akan lebih tinggi di sekolah tersebut. Sementara untuk olahraga bisa ke SMPN 1, 3, dan 5. “Sebenarnya untuk olahraga hampir semua sekolah bisa. Namun yang paling dominan adalah di SMPN 3,” jelasnya.

Untuk jalur prestasi seleksi dan tambahan nilai kemarin yang akan melakukan seleksi adalah pihak sekolah. Berbeda dengan jalur prestasi yang bisa langsung diterima menggunakan sertifikat yang ditentukan oleh disdik.

Kemarin misalnya, di SMPN 1 Kediri telah ada 365 siswa yang mendaftar melalui jalur prestasi dengan seleksi dan penambahan nilai. Prestasinya dari berbagai bidang. “Jadi untuk tidak fokus di bidang akademik saja. Kami mengakomodasi seluruh bidang prestasi,” kata Ketua Panitia PPDB SMPN 1 Kediri Supriyo.

Menurutnya, meskipun selama ini di SMPN 1 terkenal dengan prestasi akademik, namun pihak sekolah juga mengakomodasi kehendak masyarakat. Sehingga juga membuka jalur prestasi dari bidang olahraga dan kesenian. “Masyarakat yang menginginkan seperti ini. Untuk bidang non-akademik juga kami tampung,” imbuhnya.

Persaingan di SMP yang terletak di Jalan Diponegoro tersebut sangat ketat. Sebab kuota untuk jalur prestasi ini hanya 31 siswa. Artinya, ratusan pendaftar bakal terpental.

Supriyo juga menyinggung bahwa kemarin ada beberapa pendaftar dari Kabupaten Kediri. Namun jumlahnya tidak banyak. “Kesempatan anak kabupaten untuk sekolah di kota ya dari jalur prestasi ini. Mereka tidak bisa sekolah (negeri) di kota kalau tidak memanfaatkan jalur ini,” tandasnya.

Suasana pendaftaran yang padat juga terlihat di SMPN 4 Kediri. Bahkan jumlah pendaftar kemarin mencapai 587. Itu yang telah terverifikasi. Namun, berbeda dengan SMPN 1, di SMP yang terletak di Jalan Penanggungan tersebut hanya dibuka jalur prestasi akademik saja.

Salah satu orang tua yang mendaftarkan anaknya adalah Widya Ardini. Dia mendaftarkan putranya yang bernama Fathir Akbar. Fathir disebutkan pernah mengikuti OSN matematika. Ia mencoba peruntungan di seleksi ini dan yakin dengan penambahan nilai rapor semester 1 kelas VI milik putranya bisa menambah nilai. “Ya semoga saja bisa lolos,” harapnya.

Widya mengaku sudah antre sejak pukul 08.00 WIB. Dan karena begitu banyaknya pendaftar, ia baru bisa verifikasi pukul 11.30 WIB. “Sebenarnya sistem pendaftaran sudah bagus. Tapi karena antusiasme masyarakat yang tinggi jadi tadi lama antrenya,” akunya. Di SMPN 4 kuota untuk jalur prestasi akademik ini 39 siswa. Atau 10 persen dari pagu yang ada.

PPDB Jalur Prestasi

Seleksi akademik           25 Mei

Seleksi praktik               26 Mei

Pengumuman                 31 Mei

Daftar ulang                   31 Mei dan 1 Juni

Sumber : Disdik Kota Kediri

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia