Selasa, 25 Jun 2019
radarkediri
icon featured
Politik

Rp 60 Miliar THR Pemkab Kediri Cair Hari Ini

24 Mei 2019, 15: 43: 09 WIB | editor : Adi Nugroho

thr pemkab kediri

CAIR: Sejumlah pegawai melintas di kantor Pemkab Kediri. (Andhika Attar - radarkediri.id)

Share this          

KEDIRI KABUPATEN - Kabar gembira bagi pegawai negeri sipil (PNS) dalam naungan Pemkab Kediri. Saat yang ditunggu-tunggu telah tiba. Tunjangan hari raya (THR) akan cair hari ini (24/5).

Kabar gembira tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Wirawan. Pria berkacamata tersebut memastikan bahwa THR akan diberikan kepada seluruh PNS di hari yang sama.

“(THR) dibayarkan hari Jumat (24/5) semua. Jadi tidak ada perbedaan pembayaran karena kami sudah berkoordinasi dengan pihak Bank Jatim,” tegasnya melalui pesan singkat WhatsApp kemarin siang (23/5).

Besaran THR yang diterimakan kepada PNS tersebut adalah senilai satu kali gaji masing-masing. Sesuai dengan pangkat dan golongan dari PNS yang bersangkutan. Besaran THR itu sendiri berpatokan pada gaji yang diterima para PNS pada bulan April kemarin. Total anggaran yang disiapkan sekitar Rp 60 miliar.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Pak Wir tersebut mengaku bahwa anggaran dari Pemkab Kediri sendiri telah dipersiapkan untuk membayarkan THR tersebut. Ia menegaskan bahwa tidak ada permasalahan dalam proses pengurusan dan pencariannya sendiri.

Wirawan menerangkan telah menerbitkan surat perintah pencairan dana (SP2D) dari BPKAD, kemarin. Dengan demikian, proses pencairan dan penerimaan THR dapat diberikan kepada para PNS.

Meskipun diterimakan pada hari yang sama, ia tidak dapat memastikan pukul berapa pemberitahuan THR tersebut akan masuk ke rekening PNS masing-masing. Ia pun tidak menampik bahwa ada kemungkinan THR tersebut akan diterima pada jam yang sama.

“Kemungkinan bisa jadi jamnya tidak sama. Karena proses pembayarannya sendiri melalui Bank Jatim,” imbuhnya.

Turunnya THR tersebut tidak terlepas dari telah diundangkannya Perbup Kediri terkait penerimaan THR tersebut. Sebelumnya, pada awal minggu ini, konsep perbup tersebut masih berada dalam fasilitasi Pemprov Jatim. Setelah fasilitasi sudah rampung perbup pun diundangkan.

Dengan diundangkannnya perbup, pihaknya langsung menyiapkan segala sesuatunya untuk melakukan pendataan PNS terkait pencairan. Dalam proses itu, pihaknya telah meminta seluruh satuan kerja mengirimkan segala data yang dibutuhkan.

Sementara itu, untuk tenaga kontrak mayoritas juga akan mendapatkan THR tersebut. Lebih dari 90 persen tenaga kontrak akan menerima tunjangan seperti yang diterima rekannya yang sudah PNS. “Untuk tenaga kontrak, tergantung perjanjian awalnya bagaimana. Tetapi rata-rata dapat THR juga. Lebih dari 90 persen,” ungkap Wirawan.

Untuk diketahui, konsep perbup tersebut disusun oleh beberapa pihak terkait. Dalam hal ini, yang menjadi leading sector adalah BPKAD dan juga bagian hukum. Dalam proses perumusan perbup sempat terkendala adanya Peraturan Pemerintah (PP) yang keliru. Yakni PP 35 dan 36 tahun 2019. Masing-masing PP tersebut mengatur tentang pemberian tunjang ketigabelas dan THR.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia