Rabu, 26 Jun 2019
radarkediri
icon featured
Hukum & Kriminal

Perketat Pengamanan di Stasiun KA

Periksa Barang Penumpang, Respons Aksi Demo

23 Mei 2019, 11: 29: 47 WIB | editor : Adi Nugroho

Cek

WASPADA: Petugas PT KAI mengecek data penumpang saat boarding. Mereka juga mengecek barang bawaan untuk memastikan tidak ada yang berbahaya. (Rekian - radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK-Demo di Jakarta kemarin juga diantisipasi oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop VII Madiun. Sejak Senin (20/5) hingga kemarin, mereka memperketat pengawasan penumpang yang masuk ke stasiun. Petugas memeriksa data kependudukan dan mengecek barang bawaan penumpang yang hendak naik kereta api (KA).    

Pantauan koran ini, saat boarding petugas tidak hanya mengecek tiket dan kartu tanda penduduk (KTP) penumpang. Melainkan juga mengecek barang bawaan mereka. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan tidak ada barang berbahaya yang dibawa oleh penumpang.

Manajer Humas PT KAI Daop VII Madiun Ixfan Hendriwintoko mengatakan, pengamanan pergerakan massa yang ikut aksi ke Jakarta sudah dilakukan sejak Senin (20/5) lalu. “Ada sebelas stasiun yang dijaga,” ujarnya.

Dari sebelas stasiun tersebut, menurut Ixfan masih belum ditemukan ada warga Nganjuk yang berangkat ke Jakarta untuk ikut aksi demo. “Pengamanan dan pengawasan ini juga untuk mengantisipasi agar tidak terjadi hal yang bisa merugikan orang lain. Mengganggu pelayanan di kereta api,” lanjut Ixfan.

Lebih jauh Ixfan menegaskan, selain memastikan tidak ada penumpang yang membawa senjata tajam dan senjata api, Daop VII Madiun juga ikut mendata penumpang yang ikut aksi ke Jakarta. Sejak Senin (20/5) lalu, setidaknya ada 47 orang yang ke Jakarta untuk ikut aksi demo. Sebanyak 35 penumpang naik dari Jombang. Kemudian, 12 penumpang sisanya naik dari Blitar.

Untuk diketahui, selain stasiun, hingga kemarin Polres Nganjuk juga terus melakukan pengamanan di titik-titik vital. Terutama yang rawan dilewati massa ke Jakarta.

Kasubbag Humas Polres Nganjuk AKP Sudarman berujar, Polres tetap melakukan razia di sejumlah tempat umum. “Ini merupakan upaya pencegahan,” terang Sudarman sembari menyebut polisi merazia gerbang tol dan sejumlah titik perlintasan di perbatasan.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia