Jumat, 15 Nov 2019
radarkediri
icon featured
Features

18 Jam Menghilang, Balita Zafran ternyata Tenggelam di Sumur

21 Mei 2019, 16: 18: 49 WIB | editor : Adi Nugroho

anak kecemplung sumur

TERTUTUP RAPAT: Sumur yang menjadi tempat teceburnya balita Ahmad Zahfran. Ko

Share this          

Orang tua Ahmad Zahfran bingung tak kepalang ketika sang buah hati hilang hingga 18 jam. Hati keduanya kian remuk redam saat mengetahui anaknya tenggelam di sumur tak jauh dari rumah.

HABIBAH A. MUKTIARA

Suasana duka terasa di rumah berdinding batu bata yang belum diplester itu. Lalu lalang para pelayat juga masih terlihat sekitar pukul 11.00 siang kemarin (20/5). Beberapa jam sebelumnya, penghuni rumah di Desa Padangan, Kayenkidul, Kabupaten Kediri itu kehilangan salah seorang anggota keluarganya. Sang anak, Ahmad Zafran Al Gibran, 3, meninggal dunia dengan penyebab yang membuat sesak dada. Balita itu tenggelam di sumur milik tetangga.

CERIA: Zafran semasa hidup.

CERIA: Zafran semasa hidup.

Kehilangan anak yang masih lucu-lucunya itu membuat kehilangan mendalam bagi kedua orang tuanya. Pasangan itu, Kemal Tri Lawan dan Sarofah, duduk beralas karpet  di ruang tamu rumah. Melayani para pelayat dengan mata yang terlihat sembab.

Saat diwawancarai, Sarofah terlihat enggan. Dia tak mau bercerita banyak tentang anaknya itu. “Sudahlah, biarkan anak saya tenang di alam sana,” elak Sarofah dengan menahan kesedihan.

Kemal pun setali tiga wang. Tak mampu banyak kata ketika diajak berbincang tentang sang buah hati. Lelaki ini hanya menjawab pelan saat ditanya lokasi kejadian nahas itu. “Lokasi sumurnya berada di belakang rumah,” ucapnya sembari menunjuk lokasi sumur.

Jarak antara rumah Kemal dan Humayah, pemilik sumur, memang sangat dekat. Tak sampai 10 meter. Sementara sumur itu lokasinya memang lebih dekat ke rumah Kemal. Persis berada di belakang kandang kambing milik Kemal. Sumur itu berada dikelilingi pagar bambu yang sudah rapuh. Ada pintu yang juga terbuat dari bambu sebagai akses keluar masuk. Untuk mengunci pintu itu terlihat seutas tali rafia. Cukup hanya dengan diikat saja untuk menguncinya.

Kemarin, bibir sumur dalam keadaan tertutup. Meskipun tak sepenuhnya tertutup. Penutup dari bambu itu dipasang agar ayam tidak masuk kedalam. Sehari-hari, sumur itu digunakan sang pemilik untuk memenuhi kebutuhan air. Baik untuk mandi maupun minum.

Humayah tidak menyangka bahwa balita tetangganya itu terjerumus di sumurnya. “Kalau sehari-hari anaknya terlihat sama ibunya,” kata Humayah.

Di mata para warga, Gibran adalah balita yang rupawan. Juga termasuk balita yang sangat aktif. Setidaknya bila dibandingkan dengan bocah seumurannya.

Sebelum menghilang, pada  Minggu (19/5), Gibran terlihat bermain bersama sang ibu. Sekitar pukul 09.00 WIB, Sarofah kemudian pergi ke pasar. Jatah menjaga sang anak diserahkanke suaminya.

Rupanya, saat itu Kemal sibuk membersihkan sepeda motor. Lupa kalau sedang menjaga putra balitanya. Setelah sadar Gibran tidak berada di rumah, Kemal pun segera mencari. Yang dituju pertama adalah rumah sang kakek yang tidak jauh dari tempat tinggalnya. 

“Sebelum dilaporkan, mereka terlebih dulu mencari bersama dengan warga,” terang Kasi Humas Polsek Pagu Bripka Erwab Subagio.

Warga mencari Gibran hingga di sungai yang ada di dekat perkampungan itu. Namun upaya itu tak menemukan hasil. Hingga akhirnya sekitar pukul 12.30 WIB warga melapor ke Polsek Pagu.

“Sekitar pukul 03.30 WIB, kami mendapatkan informasi kalau anak yang hilang telah ditemukan,” imbuhnya.

Setelah itu, petugas dari sentra pelayanan kepolisian terpadu (SPKT) Polsek Pagu Aiptu Sukarji menuju lokasi. Bersama dengan tim Unit Identifikasi Satreskrim Polres Kediri. Berkoordinasi dengan Puskesmas Kayenkidul, petugas langsung melakukan pemeriksaan luar. Setelah berhasil mengangkat jenazah dari dalam sumur, petugas langsung melakukan pemeriksaan. Dari hasil pemeriksaan, menunjukan korban meninggal karena tenggelam. Tidak ditemukan bekas kekerasan atau penganiyaan.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia