Jumat, 15 Nov 2019
radarkediri
icon featured
Politik
Info Pendidikan

Ada Yang Masuk 10 Besar Jatim dari Kota Kediri

10 Mei 2019, 13: 35: 54 WIB | editor : Adi Nugroho

Hasil UNBK Kediri

Hasil UNBK Kediri

Share this          

KEDIRI KOTA - Kabar baik datang dari bidang pendidikan di Kota Kediri. Tahun ini nilai Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) mengalami peningkatan. Bahkan, ada sekolah yang masuk kategori 10 besar di Jatim. Baik itu kelompok SMK maupun SMA.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Cabdispendik) Provinsi Jatim Wilayah Kediri Sumiarso menyampaikan bahwa hasil UNBK di wilayah Kediri tahun ini memuaskan. “Yang jelas ada peningkatan hasil. Masuk 10 besar baik SMK dan SMA,” kata Sumiarso saat dihubungi wartawan koran ini (8/5).

Berdasar keterangan Sumarso, selain rata-rata nilai sekolah yang meningkat, prestasi itu juga diimbangi dengan perolehan nilai tinggi dari peserta didik.

Berdasarkan data yang dikeluarkan Dinas Pendidikan Provinsi Jatim pada (7/5) lalu, ada dua sekolah di Kota Kediri yang masuk 10 besar nilai terbaik. Dua sekolah itu adalah SMAN 2 Kota Kediri dan SMKN 2 Kota Kediri.

Selain masuk jajaran rata-rata nilai sekolah tertinggi, di kelompok peserta didik juga ada yang berhasil menduduki posisi 10 besar. “Siswa SMK swasta juga ada,” terang Sumiarso. Menurutnya, prestasi dari jenjang SMK swasta ini merupakan bukti meningkatnya kualitas dan pemerataan pendidikan di Kediri.

Tahun ini, di Jawa Timur, angka persentase siswa yang nilainya di bawah standar 55 menurun. Terutama di jenjang SMA. Jika pada tahun lalu jumlahnya mencapai 85,30 persen saat ini hanya 52,29 persen saja.

Begitu juga dengan jenjang SMK. Meski tidak terlalu signifikan namun penurunan ini menunjukkan peningkatan kualitas pendidikan di provinsi Jatim. Untuk jenjang SMK jika tahun lalu siswa yang nilainya dibawah 55 ada 78,88 persen tahun ini menurun. Jumlahnya ada di angka 75,42 persen.

Atas capaian ini Sumiarso menyampaikan syukur. Prestasi yang diperoleh di bidang pendidikan ini, menurutnya, semua atas kerja keras bersama. Baik peserta didik, kepala sekolah, guru, dan semua pihak yang terlibat.

“Tentunya ini juga didukung situasi kondusif selama ujian. Termasuk terjalinnya sinergitas hubungan kerja yang harmonis di semua pihak,” paparnya.

Sementara itu, kemarin, cabdispendik telah menyerahkan Daftar Kolektif Hasil Ujian Nasional (DKHUN) ke masing-masing sekolah. Targetnya hari ini sudah terdistribusi ke semua sekolah di wilayah kerja Cabdispendik Kota dan Kabupaten Kediri. Penyerahan DKHUN ini sebelum sekolah menentukan kelulusan secara resmi pada 13 mei mendatang.

“Jadi sekolah akan memberikan grade dan kriteria. Dan kelulusan yang menentukan sekolah masing-masing,” ujar Kasi Pendidikan SMA Cabdispendik Kediri Prayitno saat ditemui Jawa Pos Radar Kediri kemarin.

Kriteria tersebut akan diakumulasi dengan hasil nilai ujian. Termasuk nilai rapor, nilai ujian sekolah, dan juga sikap dan perilaku siswa selama sekolah. “Masing-masing sekolah berbeda. Karena telah mempunyai SK (surat keputusan) sendiri-sediri,” pungkasnya. 

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia