Jumat, 15 Nov 2019
radarkediri
icon featured
Politik

Info Pemilu 2019: Bakal Seru Berebut Ketua DPRD

Jumlah Kursi PDIP dan PAN Kemungkinan Sama

06 Mei 2019, 14: 45: 44 WIB | editor : Adi Nugroho

Perbandingan Suara Partai Kediri

Perbandingan Suara Partai Kediri

Share this          

KEDIRI KOTA - Rekapitulasi hasil perolehan suara pemilihan umum (Pemilu) 2019 di Kota Kediri telah selesai beberapa hari lalu. Partai petahana, Partai Amanat Nasional (PAN), memang berhasil digeser oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dalam perolehan suara. Namun, untuk perolehan kursi, kedua partai ini diperkirakan bakal sama-sama memiliki lima kursi di DPRD periode 2019-2024.

Hal itulah yang diperkirakan bakal memanaskan persaingan perebutan posisi ketua dewan. Sebab, PDIP yakin bisa merebut posisi yang selama ini dimiliki oleh PAN  tersebut.

Dari sisi perolehan suara, kedua parpol ini beda tipis. Tak lebih dari 600 suara. Dari data rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri, PDIP unggul dengan perolehan 29.124 suara. Sementara PAN memperoleh 28.550 suara. Sebenarnya perolehan PAN tahun ini tak jauh berbeda dengan perolehan pada 2014 lalu. Saat itu partai berlambang matahari putih ini meraup 28.797 suara. Hanya turun 247 suara saja.

Meski perolehan suara partainya pada pemilu tahun ini menurun, Ketua DPRD Kota Kediri yang berasal dari PAN Kolifi Yunon tetap bersyukur. “Alhamdulillah masyarakat masih memberikan kepercayaan pada saya,” ujarnya.

Kepercayaan masyarakat tersebut menurutnya atas kinerja wakil rakyat dari PAN di Kota Kediri. PAN selama ini dinilai memiliki sumbangsih terhadap kemajuan pembangunan. Sehingga caleg-caleg dari partai ini masih dipercaya melanjutkan di kursi dewan periode 2019-2024.

Termasuk dari total suara yang didapatkannya.  Meskipun perolehan partainya sedikit menurun, Yunon justru mendapatka suara lebih banyak dibanding 2014. Dari rekapitulasi ia memperoleh 4.646 suara. Bertambah 745 dari tahun 2014 yang mendapat 3.901 suara. Perolehan tahun ini pun menjadi suara tertinggi dari semua caleg di Kota Kediri. Sekalipun Regina Nadya Suwono dari PDIP yang memperoleh 4.083 suara.

Disinggung terkait kesempatan melaju ke kursi ketua dewan, Yunon belum bisa memaparkannya lebih jauh. Yang jelas dia menyampaikan bahwa kursi ketua dewan merupakan milik partai pemenang pemilu. “Pemenang pemilu adalah partai yang memperoleh kursi terbanyak di dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD, Red),” jelasnya.

Namun, dia menyebut apabila ada partai peserta pemilu yang memperoleh jumlah kursi sama maka pemenang pemilu ditentukan dari hasil perolehan suara. “Siapa yang duduk di sana (kursi ketua dewan, Red) nanti kan masing-masing partai punya mekanisme sendiri,” jelasnya.

Sementara, PDIP semakin optimistis bisa menduduki tahta kursi ketua dewan. Seperti yang disampaikan oleh Ketua DPC PDIP Kota Kediri Gus Sunoto. Menurutnya, sebagai pemenang pemilu di Kota Kediri mereka berpotensi besar menjadi ketua dewan.

Ditanya terkait peningkatan drastis perolehan suara partainya, Gus Sunoto mengungkapkan karena partainya saat ini telah terprogram dengan bagus. Sehingga berimbas pada semangat juang yang tinggi pula.

“Terbukti di semua wilayah Kota Kediri, semangat semuanya. Tim PDIP yang sebelumnya tidur, kini telah bangun dan semangat dalam pemilu tahun ini," katanya kepada Jawa Pos Radar Kediri.

Meski tidak mencapai target kursi yang diharapkan menurutnya kenaikan ini sudah maksimal. Mendekati target yang rencananya memperoleh kursi di masing-masing Dapil berjumlah yang 2. Gus Noto optimistis bahwa partainya bisa menduduki ketua dewan. Hal ini lantaran dari hasil perhitungan dari setiap kecamatan menunjukkan hasil yang positif dan cukup tinggi.

“Tapi yang jelas PDIP meyakini memang ada peluang untuk itu. Karena suara kami melebihi suara PAN dan juga partai lain,” tegasnya.

PDIP sendiri diprediksi memperoleh jatah 5 kursi. Hal ini dilihat dari perolehan suara masing-masing caleg di setiap kecamatan. Rinciannya di Kecamatan Mojoroto 2 kursi, Kecamatan Kota 2 kursi dan Kecamatan Pesantren 1 kursi. Prediksi tersebut juga sama dengan perolehan kursi yang bakal diduduki PAN yang diperkirakan dari perhitungan metode Sainte Lague mendapat jatah 5 kursi.

Perbandingan Suara PDIP dan PAN

Dapil 1 Kecamatan Kota

PDIP           12.032

PAN             8.010

Dapil 2 Kecamatan Pesantren

PDIP           7.454

PAN           9.079

Dapil 3 Kecamatan Mojoroto

PDIP           9.638

PAN           11.461

Perbandingan Suara PDIP – PAN di Dua Pemilu

PDIP :

-         2014  : 25.535 suara

-         2018  : 29.124 suara

PAN  :

-         2014  : 28.797 suara

-         2018  : 28.550 suara

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia