Rabu, 26 Jun 2019
radarkediri
icon featured
Events

Gudang Garam Kembali Tanam Ribuan Pohon di Lereng Wilis

 Berharap Manfaat bagi Anak Cucu

03 Mei 2019, 16: 35: 40 WIB | editor : Adi Nugroho

humas pt gudang garam iwhan

PEDULI LINGKUNGAN: Humas PT GG Iwhan Tri Cahyono usai melakukan penananam pohon secara simbolis di Desa Joho kemarin. (Dwiyan - radarkediri.id)

Share this          

KEDIRI KABUPATEN - Aksi kepedulian terhadap pelestarian lingkungan ditampakkan oleh PT Gudang Garam Tbk kemarin. Bekerja sama dengan Perhutani KPH Kediri mereka menggelar kegiatan penanaman ribuan pohon di kawasan Lereng Gunung Wilis. Tepatnya di lahan yang ada di pinggir Sungai Podang di Kecamatan Semen.

"Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian PT Gudang Garam Tbk dalam pelestarian alam dan menjaga keseimbangan ekosistem di lingkungan sekitar kita,” kata Wakil Direktur SDM dan PU PT Gudang Garam Tbk Slamet Budiono, melalui Kepala Bidang Humas Iwhan Tri Cahyono, di lokasi acara kemarin.

Menurut Iwhan, kerja sama dengan Perhutani bukan hal baru. Sebagai bentuk dari tanggung jawab dan kepedulian perusahaan terhadap kelestarian lingkungan. Dalam kesempatan kemarin, Iwhan juga berharap agar seluruh masyarakat bisa terlibat langsung dalam kegiatan pelestarian lingkungan.

LESTARIKAN LINGKUNGAN: Slamet Budiono, Wakil Direktur SDM-PU PT Gudang Garam Tbk.

LESTARIKAN LINGKUNGAN: Slamet Budiono, Wakil Direktur SDM-PU PT Gudang Garam Tbk.

Selain itu, dia juga berharap kegiatan penanaman pohon kemarin bisa memberikan manfaat kepada masyarakat. "Harapannya, kita semua dapat ikut menjaga dan merawat tanaman yang kita tanam hari ini (kemarin, Red). Sehingga ke depan hal ini dapat bermanfaat. Tidak hanya untuk pelestarian lingkungan, juga dapat memberikan manfaat ekonomi bagi keluarga kita dan anak cucu kita,” harap Iwhan.

Administratur Perum Perhutani (KPH) Kediri Mustopo menambahkan, lokasi area Petak 143 A sengaja dipilih sebagai lokasi reboisasi tersebut. Karena wilayah tersebut masuk dalam rencana pemaksimalan potensi lahan oleh Perhutani Kediri. “Kawasan ini masih di bawah naungan Resort Pengelolaan Hutan (RTH) Kanyoran dan dalam kawasan pemaksimalan potensi lahan,” ungkapnya.

Mustopo juga berharap aksi kemarin bisa memberikan manfaat dari sisi ekologi. “Adanya penambahan tanaman semoga bisa mengamankan daerah resapan air dan meminimalisasi terjadinya bencana tanah longsor,” harapnya.

Dalam kegiatan tersebut, ribuan pohon yang disiapkan oleh PT Gudang Garam Tbk. Totalnya mencapai 3.900 batang bibit. Terdiri dari 1.500 bibit durian, 1.400 bibit alpukat, 500 pohon trembesi, dan 500 pohon beringin.

Penanaman pohon itu melingkupi area di tiga desa. Yaitu Desa Joho, Desa Kanyoran, dan Desa Pagung. Ketiga desa itu memang dilewati oleh aliran Sungai Podang.

Sementara, acara seremonial aksi penanaman pohon itu berlangsung di Embung Joho, Desa Joho pada pukul 09.00 WIB. Tampak dalam kegiatan itu Kapolsek Semen AKP Karyoto, perwakilan dari kecamatan Semen dan Koramil Semen. Juga Ikut dalam kegiatan itu para stakeholder yang tergabung di beberapa kantong Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) yang turut membnatu dalam pemeliharaan dan tumbuh kembang bibit.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia