Rabu, 17 Jul 2019
radarkediri
icon featured
Show Case

LPPM Universitas Brawijaya Gelar Seminar Digital Marketing di Kediri

Kembangkan Kapasitas SDM di Sektor UMKM

03 Mei 2019, 16: 17: 11 WIB | editor : Adi Nugroho

seminar universitas brawijaya

MAJUKAN USAHA: Peserta dan narasumber seminar yang digelar Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) Universitas Brawijaya. (Erzha - radarkediri.id)

Share this          

KEDIRI – Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) Universitas Brawijaya menyelenggarakan seminar Digital Strategi Marketing bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

 Diselenggarakan kemarin (3/5) siang di Hotel Merdeka Kediri, kegiatan ini menghadirkan pakar dari berbagai bidang keahlian.

Dodi Wirawan, pakar pengembangan sumber daya manusia (SDM) Universitas Brawijaya menjelaskan, seminar ini bertujuan untuk mengembangkan kapasitas SDM dalam kaitannya dengan dunia usaha.

fgd universitas brawijaya

SHARING: FGD yang digelar di sesi akhir seminar. (Erzha - radarkediri.id)

Seminar kemarin merupakan acara pertama dari beberapa rangkaian di kota lain nantinya, khususnya Jawa Timur. Rencananya, ada tiga wilayah yang jadi studi pemetaan karakteristik dengan berbagai SDM yang berbeda. Salah satunya adalah Kediri sebagai wilayah mataraman. Sedangkan di dua wilayah lain yakni wilayah Pesisiran dan wilayah Arekan.

Diikuti oleh puluhan pelaku usaha Kediri dan sekitarnya, seminar berlangsung interaktif. “Kami mengajak para pelaku usaha yang berasal dari sejumlah paguyuban,” ucap Dodi yang juga bertindak sebagai salah satu ketua peneliti.

Dalam acara ini, diharapkan untuk para pelaku usaha nantinya mampu mengembangkan kapasitas SDM. Seperti halnya bagaimana mengelola usaha hingga apa yang dilakukan pada jenjang karir tertentu.

Hari Kurniawan, salah satu narasumber juga memberikan pemaparan strategi marketing. Dalam pemaparannya, Hari menjelaskan tentang kebutuhan apa saja yang harus ditingkatkan seorang pengusaha. Di antaranya terkait pembagian pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan masing-masing SDM. Selain itu, dalam pemasaran Hari mengatakan tentang pentingnya mengembangkan usaha melalui media digital.

Tak hanya pemaparan, dalam kegiatan kali ini juga dilakukan focus group discussion (FGD) oleh para peserta. Dalam hal ini peserta berdiskusi secara intens dengan para narasumber. Dari pengembangan usaha hingga kendala apa saja yang dirasakan oleh para pelaku usaha ini. Mereka saling berdiskusi dan memberikan semangat  positif antarpeserta.

“Acara ini sangat menarik, karena saya sebagai usahawan sangat membutuhkan digital marketing sebagai pengembangan usaha yang saya jalankan,” papar Robi, salah satu peserta.

Hasil dari rangkaian acara ini diharapkan para usahawan dapat mengembangkan SDM yang dimiliki. Terutama berkaitan dengan strategi pemasaran digital untuk menjangkau ruang lingkup dan pasar yang lebih luas.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia