Kamis, 23 Jan 2020
radarkediri
icon featured
Politik

Marianto Raup Suara Terbanyak

Sembilan Partai Politik Mendapat Kursi DPRD

03 Mei 2019, 15: 27: 26 WIB | editor : Adi Nugroho

Grafis

(Grafis : Nakula Agie Sada - radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK–Rekapitulasi suara KPUD Nganjuk tuntas Rabu (1/5) lalu. Hasilnya, PDI Perjuangan dipastikan kembali memenangi pemilihan legislatif (pileg) DPRD Nganjuk. Selain merebut kursi terbanyak, Marianto, salah satu calon legislatif (caleg) dari partai berlambang moncong putih ini memperoleh suara tertinggi mencapai 11 ribu suara.

Perhitungan kursi berdasar jumlah suara hasil rekapitulasi KPUD Nganjuk sama persis dengan prediksi koran ini yang dibuat sebelumnya. Dari total 50 kursi

 yang diperebutkan, PDIP mendapat 13 kursi atau yang terbanyak. Disusul kemudian Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 9 kursi.

Rekap

TUNGGU REKAP PROVINSI: Petugas menuntaskan rekapitulasi pemilu 2019 di halaman kantor KPUD Nganjuk (1/5). Kini mereka tinggal menunggu rekapitulasi tingkat Jatim. (Anwar Bahar Basalamah - radarkediri.id)

          Lalu, ada Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Partai Gerindra masing-masing mendapat enam kursi. Kemudian, Partai Golkar mendapat lima kursi. Di urutan berikutnya ada Partai Nasdem dan Partai Demokrat masing-masing mendapat tiga kursi.

          Adapun Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) masing-masing meraih dua kursi. Terakhir, sisa satu kursi diperoleh Partai Persatuan Indonesia (Perindo).      

          Dari puluhan caleg yang dipastikan duduk di kursi DPRD Nganjuk periode 2019-2024, Marianto asal PDIP yang bertarung di dapil 1 (Nganjuk, Rejoso, Wilangan, Bagor) itu mendapat sebanyak 11.769 suara. Jumlah tersebut memecahkan perolehan suara tertinggi di pileg 2014 yang dipegang Fauzi Irwana sebanyak 8.047 suara.

          Di bawah Marianto, ada Ulum Basthomi dari PKB. Ulum yang bertarung di dapil 2 (Baron, Gondang, Ngluyu, Jatikalen, Patianrowo, Lengkong) meraup sebanyak 10.835 suara. Adapun posisi ketiga ditempati Endah Sri Murtini dari Partai Demokrat. Caleg perempuan petahana di dapil 3 (Kertosono, Prambon, Ngronggot) itu mendapat 9.293 suara.

          Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Nganjuk Tatit Heru Tjahjono mengatakan, sebenarnya perolehan sebanyak 13 kursi meleset dari target. Sebelumnya, PDIP menargetkan 17 kursi. “Tidak sesuai target kami,” ungkapnya.

         Meski demikian, Tatit mensyukuri partainya tetap jadi parpol pemenang di pileg 2019. Karena itulah, partai besutan Megawati Soekarnoputri itu berpeluang besar menempatkan kadernya sebagai ketua DPRD Nganjuk periode 2019-2024. “Ketua dewan tetap dari PDI Perjuangan,” beber pria asal Kecamatan Bagor ini.

          Untuk diketahui, dua periode sebelumnya, PDIP berturut-turut mempertahankan posisinya menjadi ketua dewan. Pada periode 2004-2009, ketua dipegang Nurwadi Rekso Hadinagara, sedangan periode 2009-2014 diketuai Puji Santoso.

          Terpisah, Ketua DPC PKB Nganjuk Ulum Basthomi mengakui sebelumnya memprediksi mendapat 10 kursi. Namun setelah rekap KPUD, partainya mendapat 9 kursi. “Di dapil empat yang sebelumnya dapat dua (kursi), ternyata hanya satu kursi,” tuturnya.

          Di dapil 4 (Tanjunganom, Sukomoro, Pace), satu-satunya caleg PKB yang berhasil mengamankan 1 kursi adalah Nur Daenuri. Untuk dapil lain, kata Ulum, sudah memenuhi target. “Yang lain masing-masing mendapat dua kursi,” beber pria asal Desa Bukur, Kecamatan Patianrowo ini.

          Sementara itu, Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Nganjuk Sukarno memastikan partainya mendapat enam kursi. Jumlah itu sesuai dengan hasil perhitungan di internal. Termasuk nama-nama caleg yang mendapat kursi. Yakni, Jianto, R. Bambang Agus Hendro Wibowo, Kamto, Dia Putri Aruma, Suprapto, dan Purwoko.

          Untuk parpol lain, nama-nama caleg juga sesuai prediksi media ini. Termasuk Partai Golkar mendapat 5 kursi. Mereka adalah Dwi Retno, Anke Sing Lestari, Karyo Sulistyono, Sumardi, dan Maria Tunda Dewi.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia