Jumat, 15 Nov 2019
radarkediri
icon featured
Politik

Hitung Internal, PAN Tembus 10 Ribu di Mojoroto

25 April 2019, 16: 03: 00 WIB | editor : Adi Nugroho

Perolehan Suara Dapil Mojoroto

Perolehan Suara Dapil Mojoroto

Share this          

KEDIRI KABUPATEN - Proses rekapitulasi surat suara jenis DPD kembali berjalan di Desa Kaliboto, Tarokan kemarin. Menyusul telah selesainya pemungutan suara lanjutan (PSL) pada Selasa (23/4) kemarin.

Sebelumnya, pihak Bawaslu tak hanya memberikan rekomendasi untuk melaksanakan PSL kepada 29 orang yang belum mendapatkan surat suara DPD saja. Proses rekapitulasi untuk surat suara jenis DPD juga diminta untuk dihentikan terlebih dulu.

Menurut Ketua Bawaslu Kabupaten Kediri Saidatul Ummah, proses rekapitulasi otomatis dapat dilaksanakan setelah selesainya PSL. “Kami tidak perlu membuat rekomendasi atau arahan untuk melanjutkan rekapitulasi. Tinggal berproses sesuai tahapan yang berjalan saat ini,” ungkapnya kemarin.

Perempuan berkerudung tersebut menerangkan bahwa proses rekapitulasi tidak dibedakan dengan yang lain. Soal pengawasan pun tidak ada penambahan atau perhatian khusus yang diberikan. Setelah selesai PSL, proses sudah normal kembali.

Saidatul menambahkan, proses rekapitulasi juga telah dilaksanakan. Dalam pelaksanaannya tidak ada laporan atau temuan kesalahan. “Sampai saat ini (kemarin, Red) tidak ada masalah atau kendala,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Tarokan Isa Ansori mengaku bahwa proses rekapitulasi tengah dilaksanakan di tempatnya. Menurutnya, mereka mengusahakan untuk menyelesaikan rekapitulasi secepat dan sebaik mungkin.

“Saat ini sudah dapat tujuh tempat pemungutan suara (TPS),” terang Isa melalui pesan singkat WhatsApp kemarin siang.

Isa menegaskan bahwa proses rekapitulasi di wilayahnya berjalan dengan lancar. Namun, seperti kebanyakan wilayah lainnya, banyaknya data yang harus direkapitulasi memakan banyak waktu.

Proses rekapitulasi tingkat kecamatan memang belum selesai. Tapi khusus untuk TPS 01 Desa Kaliboto telah dirampungkan proses rekapitulasinya. “Sudah selesai (rekapitulasi TPS 01 Kaliboto),” tulis Isa singkat dalam balasan pesannya.

Untuk diketahui, sebanyak 29 orang dijadwalkan mengikuti PSL di TPS 01 Kaliboto, Tarokan pada Selasa (23/4) kemarin. Namun, hingga waktu ditutup pukul 13.00 WIB hanya 22 orang yang datang. Jumlah itu berasal dari 17 orang dari DPT dan 5 dari DPK. Sementara tujuh sisanya tidak hadir untuk menyalurkan suaranya.

Dari Kota Kediri, rekapitulasi hasil pemilihan umum (pemilu) di Kota Kediri oleh panitia pemilihan kecamatan (PPK) tinggal beberapa hari lagi. Di Kecamatan Mojoroto hasilnya sudah dapat ditebak. Partai besar masih mendominasi perolehan suara tertinggi di wilayah barat sungai ini.

Data perhitungan suara dari setiap partai politik (parpol) Dapil 1 Mojoroto yang berhasil dihimpun menunjukkan angkanya sama dengan prediksi perolehan kursi yang beredar beberapa hari lalu. Partai Amanat Nasional (PAN) menjadi pemuncak suara terbanyak di dapil ini. Suaranya tembus 10 ribu lebih. Yakni 11.640 suara. Nama Reza Darmawan dan Anton Dipayasa yang disebut-sebut memperoleh kursi di dapil ini.

Diikuti Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan 9.361 suara. Kemudian Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) mengekor di belakangnya dengan 8.560 suara. Dua partai ini dari perhitungan pembagian kursi DPRD dengan Sainte Lague mendapat jatah masing-masing dua kursi. PDIP menempatkan Purwanto dan Joko. Sementara Erita dan Wikowi dari Gerindra.

Di dapil ini sejumlah petahana dipastikan kembali terpilih. Salah satunya adalah wakil dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muid Shohib. Partai dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU) ini berada pada urutan keempat dengan 7.541 suara. Perolehan tersebut total keseluruhan suara partai di Dapil 1.

Gus Muid dipastikan menemani 2 legislator lain di dua dapil lainnya. Namun partai berlambang bola dunia ini kemungkinan belum bisa puas. Sebab hanya 3 legislator yang diprediksi berhasil menduduki kursi parlemen. Padahal tahun lalu 4 perwakilannya bisa menjadi anggota DPRD. Gus Muid belum bisa berkomentar akan perolehan ini. Ketua DPC PKB ini hanya bisa bersyukur atas kembali terpilihnya menjadi DPRD.

Penurunan perolehan kursi sementara juga dirasakan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Menurut Ketua Fraksi PKS Ayub Wahyu Hidayatulloh bahwa penurunan perolehan kursi tersebut memang karena adanya pemangkasan kursi di Kecamatan Kota. “Kami menyayangkan sebenarnya suara PKS naik tapi kursi hilang satu. Ini pengaruh dari pengurangan kursi di Kecamatan Kota yang dipindah ke Kecamatan Mojoroto,” paparnya.

Ayub menyebut bahwa suara PKS merata diseluruh kelurahan. Meningkat dibanding 2014 lalu yang hanya mendapat 9.000 suara. “Sekarang insyaallah naik menjadi 13.000,” imbuhnya. Dari 13.000 suara tersebut 5.058 diantaranya didapat dari Dapil 1 Mojoroto.

Dengan perolehan suara tersebut. PKS masih dibawah Partai Golongan Karya (Golkar) yang mendapat 5.916 suara yang kemungkinan besar mengantarkan Ketua Fraksi Golkar Handayani sebagai salah satu wakil dari Dapil 1 Mojoroto.

Sementara partai lain perolehan suaranya berada dibawah angka 5.000. Termasuk beberapa partai besar seperti Naional Demokrasi (NasDem), Demokrat, Hanura, dan PPP.

Menanggapi perolehan suara yang sebenarnya belum selesai dilakukan rekapitulasi tingkat PPK ini. Komisioner KPU Kota Kediri Wahyudi menyebut bahwa hasil itu belum bisa menjadi patokan sepenuhnya. Dia menegaskan bahwa hasil resmi setelah adanya rapat pleno KPU. Serta rekapitulasi yang dilaksanakan pada 29-30 April mendatang. “Sejauh ini internal partai memang sudah punya rekapan sendiri. Berasal dari saksi masing-masing partai. Kami tidak bisa membenarkan hasil tersebut. Hasil akhir tetap pada rekap KPU nanti,” terangnya.

5 Besar Perolehan Suara Dapil 1 Mojoroto (*)

PAN           11.640 suara

PDIP           9.361 suara

Gerindra     8.560 suara

PKB            7.541 suara

Golkar        5.916 suara

(*) Hasil ini merupakan rekapan parpol. Hasil dan keputusan resmi tetap pada tahap akhir rekapitulasi tingkat KPU Kota Kediri.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia