Minggu, 26 May 2019
radarkediri
icon featured
Politik

Pendatang Baru Siap Rebut Kursi

Perolehan Suara Caleg di atas 4.000

22 April 2019, 11: 26: 27 WIB | editor : Adi Nugroho

Caleg

Suara Pileg (Grafis : Nakula Agie Sada - radarkediri.id)

NGANJUK–Kursi DPRD Nganjuk periode 2019-2024 dipastikan akan diisi sejumlah wajah baru. Pasalnya, dari hasil hitung sementara, ada puluhan calon anggota legislatif (caleg) pendatang baru yang perolehan suaranya duduk di urutan teratas. Bahkan, sebagian sudah meraup lebih dari 6.000 suara.  

Ketua DPC Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kabupaten Nganjuk Raditya Haria Yuangga mengatakan, partainya sudah mengamankan enam kursi legislatif. Lima orang di antaranya merupakan caleg-caleg baru. “Hanya saya yang lama (petahana),” ujar pria yang akrab disapa Angga ini.

Berdasar perhitungan sementara di 3.466 tempat pemungutan suara (TPS), Angga memang dipastikan lolos ke DPRD. Pasalnya, perolehan suaranya sudah mencapai 8.901 suara. Dengan hasil itu, dia berada di posisi ketiga di bawah Marianto dari PDI Perjuangan yang mendulang 11.363 suara dan Ulum Basthomi dari PKB dengan 9.548 suara.

Siapa saja caleg baru dari Hanura yang berpeluang menduduki kursi legislatif? Angga menyebut, peluang terbesar dimiliki Hendry Novryandie. Caleg yang bertarung di daerah pemilihan dapil 3 (Kertosono, Prambon, Ngronggot) itu mendapat 6.132 suara. Kemudian, di bawahnya ada Edy Santoso yang mendulang sebanyak 6.078 suara.

Selain mereka, ada Purwanto yang meraup sebanyak 4.835 suara. Lalu Totok Supriyanto dan Aria Tri Putra masing-masing mendapat 3.992 dan 3.902 suara. “Nama itu yang sudah kami pastikan,” ungkap pria asal Kelurahan Bogo, Nganjuk ini.

Dari PDIP, nama Gondo Hariyono menduduki posisi teratas sebagai caleg baru yang dipastikan mendapat kursi. Hingga kemarin, mantan plt kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Nganjuk itu sudah meraup sebanyak 6.675 suara.

Ketua DPC PDIP Kabupaten Nganjuk Tatit Heru Tjahjono menjelaskan, selain Gondo, beberapa nama juga berpeluang lolos ke dewan. Mereka adalah Muhamad Ardhika Argameru dan Trisna Roosita. “Perolehan suaranya di atas 5.000,” tuturnya.

Sampai kemarin, Tatit berujar, partainya menambah satu kursi lagi dari dapil 3. Dengan demikian, partai kepala banteng itu sudah mengamankan sebanyak 13 kursi di DPRD Nganjuk. Sebelumnya, mereka memprediksi bisa mendapat sampai 15 kursi. “Yang pasti aman 13 kursi,” imbuh pria asal Kecamatan Bagor ini.

          Di luar nama-nama tersebut, beberapa caleg baru sukses masuk 50 besar perolehan suara pemilihan legislatif (pileg) 2019. Yakni, Moh. Abdul Haq, Moch Mashuri dan Mohamad Fariq. Mereka berasal dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Selain itu, ada Anke Sing Lestari dan Sandhi Puguh Irawan dari Partai Golkar.

Dari Partai Gerindra, ada nama R. Bambang Agus Hendro Wibowo dan Dia Putri Aruma. Sedangkan Rezki Indah Trijati dan Muhammad Ibnu Khajar masing-masing dari Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo). Ada pula Yogi Dirgantara dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) hingga Moh. Shoberi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Dari hasil perhitungan sementara, perolehan suara mereka sudah di atas 3.000-4.000 suara.

Terpisah, Ketua KPU Kabupaten Nganjuk Yudha Harnanto yang dikonfirmasi tentang puluhan wajah baru yang siap duduk di kursi legislatif, mengaku belum bisa berkomentar. Sebab, pihaknya masih melakukan rekapitulasi suara pemilihan umum (pemilu) di tingkat kecamatan.

Di hari ketiga rekap, ada enam panitia pemilihan kecamatan (PPK) yang sudah menyelesaikan perhitungan. Yakni, Kecamatan Wilangan, Ngluyu, Gondang, Jatikalen, Sukomoro dan Berbek. “Kami lihat dari pergeseran kotak suara. Sekarang sudah disimpan di GOR (Bung Karno),” terangnya.

Untuk rekapitulasi di tingkat kabupaten, Yudha mengatakan, besar kemungkinan jadwalnya mundur. Sebelumnya, KPUD berencana menggelar rapat pleno tersebut pada Kamis depan (25/4). “Kelihatannya mundur. Karena kami prediksi ada PPK yang baru menyelesaikan rekap sampai Rabu (24/4),” tegas alumnus Universitas Negeri Jember (Unej) ini.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia