Minggu, 26 May 2019
radarkediri
icon featured
Hukum & Kriminal

Tepergok Curi Burung, Hakim Vonis Masa Percobaan

20 April 2019, 13: 41: 33 WIB | editor : Adi Nugroho

curi burung

LANGSUNG DISIDANG: Andri Susanto (dua dari kanan) akan menandatangani berkas usai putusan hakim di ruang Cakra Pengadilan Negeri Kabupaten Kediri. (Habibah Anisa - radarkediri.id)

KEDIRI KABUPATEN – Andri Susanto, 35, hanya bisa pasrah mendengar putusan yang dibacakan majelis hakim pada Kamis kemarin (18/4). Warga Jalan Desa Bendo, Kecamatan Pare ini divonis hukuman dua bulan dengan masa percobaan selam enam bulan.

Putusan itu dibacakan hakim sekitar pukul 14.00 WIB di ruang Cakra Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Kediri. “Karena perbuatannya melanggar pasal 364 KUHP jo Perma Nomor 2/2012 tentang penyelesaian kasus tindak pidana pencurian,” terang Hakim Ketua M. Fahmi Hary Nugroho.

Selain membacakan vonis, Fahmi juga membacakan beberapa hal yang dijadikan pertimbangan hukuman. Yang meringankan, Andri mengakui perbuatannya dan belum pernah dihukum. Sedangkan yang memberatkan, karena dia dengan sadar melakukan pencurian.

Barang bukti satu burung love bird berikut sangkarnya dikembalikan ke pemiliknya, Abdul Muis, 20, setelah sidang selesai. Informasi Jawa Pos Radar Kediri menyebut, peristiwanya terjadi pada 02.30 dini hari kemarin (18/4). Kala itu, Andri yang bekerja sebagai tukang parkir dalam perjalanan pulang. Namun sampai depan rumah Abdul, Desa Jambu, Kecamatan Kayenkidul, ia melihat sangkar burung tergantung di langit-langit teras.

Karena keadaan sepi, timbul niat jahat untuk mengambilnya. Apalagi ada burung berwarna hijau di dalamnya. Namun aksi tak berjalan mulus. Andri tepergok penghuni rumah. Ketika ditanya malah kabur mengendarai sepeda motornya.

Abdul lantas minta tolong M. Yusuf, 26, tetangganya, untuk mengejar. Aksi kejar-kejaran pun terjadi. Namun tidak berlangsung lama, Andri akhirnya berhasil diamankan di Jalan Dusun Mojoalegi, Desa Bendo, Pare. Selanjutnya, ia diamankan di Balai Desa Jambu. Kemudian diserahkan ke Polsek Pagu langsung disidangkan.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia