Rabu, 13 Nov 2019
radarkediri
icon featured
Politik

Partai Politik Adu Kuat Perebutkan Kursi DPRD Nganjuk

Andalkan Suara dari Basis Massa

17 April 2019, 14: 41: 58 WIB | editor : Adi Nugroho

Pemilu

PESTA DEMOKRASI: Warga di TPS 03 Kelurahan Kauman, Kota Nganjuk menyiapkan berbagai perlengkapan untuk coblosan pagi ini. (Anwar Bahar Basalamah - radarkediri.id)

Share this          

Parpol peserta pemilu, berebut suara dari ratusan ribu warga Kabupaten Nganjuk, hari ini. Peta perolehan suara pileg 2019 ini diprediksi tidak banyak berubah. Parpol besar tetap akan mendominasi. Meski demikian, parpol baru tak ciut nyali dan berani memasang target tinggi.

Pada pemilihan legislatif (Pileg) 2014, PDI Perjuangan menjadi partai pemenang pemilu di Kabupaten Nganjuk. Dengan perolehan 139.987 suara, partai kepala banteng itu mendominiasi lima daerah pemilihan (dapil). Rata-rata perolehan suaranya di atas 20 ribu.

Dengan kemenangan tersebut, dari 45 kursi di DPRD Kabupaten Nganjuk, PDIP mendapat 11 kursi. Di bawahnya, ada Partai Gerindra yang memperoleh tujuh kursi. Lima tahun lalu, partai kepala garuda itu sukses mendulang sebanyak 88.019 suara.

Kemudian, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Golkar masing-masing mendapat enam kursi. Dengan perolehan sebanyak 88.881 suara, PKB lebih unggul dibanding Partai Golkar yang memperoleh sebanyak 71.718 suara. Adapun Partai Demokrat dan Partai Nasdem masing-masing berbagi empat kursi. Untuk perolehan partai politik (parpol) lain selengkapnya lihat grafis.

Bagaimana dengan peta perolehan suara Pileg DPRD Nganjuk tahun ini? Sebagai partai pemenang, PDIP masih sangat optimistis bisa mempertahankannya. Bahkan targetnya lebih tinggi. “Kami targetkan 17 kursi,” ujar Ketua DPC PDIP Nganjuk Tatit Heru Tjahjono.

Dari total 50 kursi di DPRD Nganjuk, PDIP sudah memetakan target perolehan kursi di masing-masing dapil. Yaitu, masing-masing empat kursi di dua dapil dan tiga dapil lainnya dipatok masing-masing tiga kursi.

Dari 20 kecamatan, Tatit mengakui perolehan suara merata di semua wilayah.  Namun, dia menganggap Loceret dan Sukomoro merupakan basis massa terbesar partai besutan Megawati Soekarnoputri itu. “Kami harapkan, bisa mendulang banyak di Loceret dan Sukomoro,” ungkap pria asal Kecamatan Bagor ini.

Berbeda dengan PDIP, Ketua DPC PKB Kabupaten Nganjuk Ulum Basthomi mengatakan, massa terbesar partainya berasal dari Kecamatan Prambon dan Ngronggot. Pasalnya, kecamatan di dekat Sungai Brantas itu terdapat banyak pondok pesantren (ponpes). “Basis massa kami berasal dari NU (Nadlatul Ulama),” tandasnya.

Tahun ini, Ulum menargetkan, partainya bisa mendapat 11 kursi. Masing-masing di dapil 1 dan 4 ditargetkan memperoleh 3 kursi. “Untuk (dapil) yang lain, targetnya dua kursi,” ungkap pria yang juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk ini.

 Adapun Partai Golkar, menurut Sekretris DPD Golkar Nganjuk Firman Adi, partainya banyak dipilih di daerah pinggiran utara. Di antaranya di Kecamatan Jatikalen, Lengkong, Ngluyu dan Patianrowo. Sebab, dua anggota DPRD mereka, Sujarwo dan Agung Sakti bertarung di dapil 2. “Pak Sujarwo kuat di Ngluyu, sedangkan Pak Agung bisa menarik suara di Lengkong,” terang pria asal Kecamatan Kertosono ini.

Di pileg 2019, Firman menargetkan bisa mendapat 12 kursi. Itu berarti ada kenaikan 100 persen dibanding perolehan kursi lima tahun lalu. Dari lima dapil, target tiga kursi dibebankan di dapil 3 dan 4.

Bagaimana dengan parpol baru? Ketua DPD Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Kabupaten Nganjuk Aries Sukariyono mengatakan, dari 22 caleg yang masuk daftar calon tetap (DCT), partainya menargetkan bisa memperoleh 5 kursi. “Sesuai target dari pusat. Jadi masing-masing per dapil ada satu orang yang lolos,” Aries.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Berkarya Joko Muhadi menargetkan bisa mendapat lima kursi. Kalaupun meleset, setidaknya masih ada 4 kursi yang diamankan. “Mudah-mudahan bisa mencapai target,” kata Joko sembari menyebut ada 23 caleg Partai Berkarya yang bertarung di pileg tahun ini.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia