Jumat, 15 Nov 2019
radarkediri
icon featured
Politik

Hari Ini Kirim Kotak Suara

KPUD Targetkan Tuntas sampai Senin Besok

16 April 2019, 12: 25: 41 WIB | editor : Adi Nugroho

Kotak

SIAP DISTRIBUSI : Kotak suara Pemilu yang sebelumnya disimpan di GOR Bung Karno akan dikirim ke panitia pemilih kecamatan (PPK) mulai hari ini (14/4).. (Anwar Bahar Basalamah - radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK – KPU Kabupaten Nganjuk terus memantapkan persiapan menjelang pencoblosan pada 17 April nanti. Hari ini, rencananya lembaga penyelenggara pemilihan umum (pemilu) itu akan mendistrubisikan kotak suara ke panitia pemilihan kecamatan (PPK). Pengiriman ditargetkan selesai dalam dua hari.

          Ketua KPU Kabupaten Nganjuk M Agus Rahman Hakim mengatakan, sebagian besar logistik pemilu berupa kotak suara dan suara suara di dalamnya sudah siap didistribusikan. Setelah menerima pengiriman kekurangan surat suara, pihaknya langsung melakukan penyetingan ke dalam kotak. “Hari ini (kemarin, Red) sebagian masih di-setting,” katanya kepada Jawa Pos Radar Nganjuk.

          Untuk persiapan di kecamatan, Agus mengungkapkan, KPUD akan mengirim kotak suara tersebut ke masing-masing PPK hari ini. Rencananya, pendistribusian logistik tersebut dimulai sekitar pukul 07.30. “Besok (hari ini, Red) kami kirim secara bertahap,” ujar mantan aktivis mahasiswa ini.

          Agus melanjutkan, pengiriman logistik kotak suara ditargetkan selesai pada Senin besok (15/4). Dalam rapat awal, distribusi ke 20 PPK itu dibagi separo. Jadi di hari pertama, akan dikirim dulu ke 10 kecamatan, kemudian sisanya dikirim di hari kedua.

          Sama seperti prosedur pelipatan surat suara, KPUD juga melibatkan pihak ketiga saat pendistribusian logistik. Agus menyebut, pihaknya bekerjasama dengan ekspedisi dari PT POS Indonesia. “Nanti ada kendaraan yang berukuran besar maupun sedang dan kecil,” ujarnya.

          Penggunaan jenis kendaraan tersebut, menurut Agus, disesuiakan dengan akses jalan menuju gudang PPK. Karena itulah, truk ukuran sedang atau kecil akan dimanfaatkan untuk menjangkau jalan yang sempit. “Kalau akses menuju gudang jalannya lebar, bisa memakain truk besar. Nanti malam (tadi malam, Red) kami rapatkan dengan PPK,” ungkapnya.

          Lebih jauh dia mengatakan, logistik yang dikirim ke PPK sebagian besar akan disimpan di gudang. Hal itu berbeda dengan kondisi tahun lalu. Karena kotak suara berbahan kardus, sangat riskan apabila kotak suara disimpan di pendapa kecamatan. “Hampir 75 persen disimpan di gudang,” ujar pria asal Desa Pehserut, Kecamatan Sukomoro ini.

          Agus menambahkan, PPK sudah menyewa gedung pertemua atau aula di sekitar wilayah mereka. Baik yang lokasinya di desa maupun di pusat kota kecamatan. Sementara sisanya 25 persen, PPK akan menyimpannya di gudang kantor kecamatan.

          Setelah dari PPK, logistik tersebut kemudian akan didistribusikan ke petugas pemungutan suara (PPS) pada H-1. Dari PPS, kotak suara dikirim ke tempat pemungutan suara (TPS) di masing-masing desa.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia