Selasa, 22 Oct 2019
radarkediri
icon featured
Politik

PT Kereta Api Indonesia Tambah Ribuan Kursi

Tiket Lebaran KA Hampir Ludes Terjual

08 April 2019, 14: 31: 55 WIB | editor : Adi Nugroho

stasiun kediri

ANTRE: Pengunjung Stasiun Kediri berada di loket. (Didin Saputro - radarkediri.id)

Share this          

KEDIRI KOTA - Antisipasi lonjakan penumpang saat hari-H lebaran, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero akan menjual tiket untuk 50 perjalanan KA tambahan. Totalnya sebanyak 29.456 seat KA tambahan per hari. Sementara khusus Daop 7 ada 6.896 seat tambahan.

Manager Humas Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko menyampaikan, selama ini minat masyarakat akan moda transportasi kereta api sangat tinggi. Terutama pada masa angkutan lebaran 2019. Hal tersebut terbukti dengan habisnya tiket sejumlah KA favorit. “Terutama untuk keberangkatan mulai dari H-7 lebaran, H-6, dan seterusnya,” kata Ixfan saat dihubungi melalui gawainya.

Sedangkan untuk arus balik, keberangkatan H+3 dan H+4 lebaranlah yang menjadi tanggal pilihan para penumpang untuk kembali ke kota asal. Ixfan menyebut, dari pantauan sementara untuk ketersediaan tiket KA Singasari Pasarsenen-Blitar (mudik) kelas ekonomi masih tersedia 48 persen atau 5.087 seat.

Sementara untuk tanggal 4 sampai dengan 8 Juni habis. Untuk kelas eksekutif masih tersedia 48 persen atau 1.300 seat. “Tetapi untuk tanggal 26 sampai dengan 31 Juli dan tanggal 1 Juni  sudah habis,” terangnya.

Begitu juga untuk ketersediaan tiket KA Singasari relasi Blitar-Pasarsenen (balik). Untuk kelas ekonomi masih tersedia 55 persen atau 5.807 seat, sementara pada tanggal 7 dan 8 Juni  sudah habis.

Dan untuk kelas ekskutif masih tersedia 48 persen atau 1.596 seat, untuk tanggal 7 hingga 16 Juni telah habis. “Untuk tiket KA Brantas Pasarsenen - Blitar (mudik) sudah mulai 26 Mei sampai dengan 16 Juni  ludes terjual,” jelas Ixfan.

Sementara untuk data ketersediaan tiket KA Brantas relasi Blitar–Pasarsenen (balik), Ixfan menyyatakan masih tersedia 9 persen atau 1.658 seat, yaitu pada tanggal 27 sampai dengan 31 Mei dan 2,4,9 Juni. “KA Kahuripan relasi Pasarsenen-Blitar (mudik) juga habis terjual,” tegasnya. Terakhir untuk ketersediaan tiket KA Kahuripan relasi Blitar-Pasarsenen (balik), juga sudah habis terjual.

Untuk mengantisipasi hal tersebut PT KAI akan menjual tiket 50 perjalanan KA tambahan dengan total sebanyak 29.456 seat KA tambahan per hari. Itu dimulai dua hari yang lalu (6/4) pukul 00.01 WIB. Jumlah tersebut meningkat 8 persen dibandingkan tahun sebelumnya yaitu 27.072 seat KA tambahan.

PT KAI menambah kereta api dengan berbagai rute yang menjadi favorit masyarakat. “Di antaranya adalah dari keberangkatan Stasiun Pasar Senen dan Gambir menuju Tegal, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Madiun, Surabaya, Malang,” sebut Ixfan.

Sedangkan untuk KA yang naik dan turun penumpang di wilayah Daop 7 Madiun, Ixfan memaparkan tersedia 10 perjalanan KA tambahan. Dengan jumlah seat sebanyak 6.896 seat KA tambahan perharinya.

Seat tersebut dijual mulai 6 April dini hari. Ixfan mengatakan bahwa masyarakat dapat melakukan pemesanan tiket KA tambahan ini melalui aplikasi KAI access, website kai.id, dan berbagai jaringan penjualan tiket resmi KAI lainnya.

Ixfan mengimbau kepada masyarakat agar membeli tiket Lebaran di jaringan resmi KAI atau mitra resmi yang telah bekerja sama dengan KAI. “Tujuannya untuk menghindari penipuan atau biaya jasa yang tidak wajar,” pesannya.

Selain itu pada saat perjalanan Lebaran nanti, diharapkan para penumpang untuk tidak membawa barang yang berlebihan, agar kenyamanan penumpang lain saat berada di stasiun dan di dalam kereta tetap terjaga. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan juga, KAI meminta agar para penumpang tidak memakai perhiasan yang berlebihan selama perjalanan.

KA Tambahan di Wilayah Daop 7 Madiun

Kereta Api (Lebaran)     Relasi PP                                 Jml KA       Kapasitas

Brantas                          Pasarsenen-Semarang-            2                 1.868

Poncol-Blitar

Gajayana                       Gambir-Malang                       2                 900

Matarmaja                     Pasarsenen-Malang                 2                 1.580

Pasundan                       Kiaracondong-Surabaya                   2                 1.368

                                      Gubeng

Sancaka                         Jogjakarta-Surabaya Gubeng  2                 1.180

Total                                                                              10               6.896

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia