Selasa, 21 Jan 2020
radarkediri
icon featured
Politik

Info Pemilu 2019: Bisa Urus Pindah Pilih hingga H-7 Coblosan

30 Maret 2019, 19: 34: 41 WIB | editor : Adi Nugroho

Info Pemilu 2019

Info Pemilu 2019

Share this          

KEDIRI KABUPATEN - Kabar gembira bagi para pemilih yang hendak melakukan pindah pilih. Pasalnya, jangka waktu pengurusan pindah pilih tersebut diperpanjang hingga H-7 pemungutan suara atau pencoblosan dilaksanakan.

Perpanjangan waktu tersebut berdasarkan putusan MK RI Nomor 20/PUU-XVII/2019. Sejatinya, jika tidak ada perpanjangan tersebut pindah pilih sudah berakhir pada Minggu (17/3) lalu.

“Perpanjangannya sendiri karena ada yang mengajukan judicial review untuk ditambah waktunya. Akhirnya dikabulkan oleh MK dan ditetapkan hingga H-7 pemungutan suara pada 17 April depan,” ungkap Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri Divisi Program dan Data Eka Wisnu Wardhana melalui sambungan telepon kemarin siang.

Atas putusan MK yang memerintahkan untuk menambah waktu pengurusan pindah pilih, pihaknya mengaku, siap melaksanakan putusan itu. Hanya saja, ia mengaku masih menunggu tindak lanjut putusan tersebut. Yaitu keluarnya surat edaran  berupa petunjuk teknis penerbitan formulir (form) A5.

Berdasarkan perkiraan Wisnu, surat edaran tersebut akan keluar dalam waktu dekat ini. Setidaknya dalam 1 – 2 hari ke depan ia berharap sudah mendapatkan petunjuk teknis untuk menindaklanjuti putusan tersebut.

“Tetapi pada dasarnya KPUD Kabupaten Kediri siap melayani para pemilih. Surat edaran itu hanya bersifat teknisnya saja,” tegas pria yang pernah bersekolah di SMKN 2 Jogjakarta tersebut.

Pria berkacamata ini memperkirakan, masih akan banyak lagi pemilih yang akan mengurus pindah tersebut. Seperti halnya pemilih yang ada di Kampung Inggris Pare dan berbagai pondok pesantren yang tersebar di Kabupaten Kediri.

Ada beberapa alasan pemilih bisa mengajukan pindah tempat memilih tersebut. Setidaknya berdasarkan putusan MK yaitu sakit, menjalankan tugas saat pemungutan, menjadi tahanan dan tertimpa bencana alam. Namun di luar poin tersebut, sejatinya masih banyak lagi yang bisa menjadi landasan pindah pilih.

Sementara itu, pihaknya sendiri telah melakukan pleno daftar pemilih tambahan (DPTb). Berdasarkan data tersebut, ada sebanyak 205 pemilih masuk di Kabupaten Kediri yang melakukan pengurusan di daerah asalnya. Sedangkan untuk pemilih masuk yang mengurus di daerah tujuan ada sebanyak 2.833 pemilih.

Lebih lanjut, Wisnu mengatakan, untuk pemilih keluar yang mengurus di daerah asal tercatat ada sejumlah 639 orang. Sedangkan yang melakukan pengurusan di daerah tujuan ada sebanyak 2.611 orang pemilih. “Hampir di semua kecamatan ada pemilih yang keluar-masuk,” tuturnya.

Selain itu, Wisnu juga menjelaskan bahwa ada tempat pemungutan suara (TPS) tambahan dalam pemilu kali ini. Yaitu akan ada tambahan sebanyak tiga TPS yang tersebar di tiga desa dan kecamatan yang berbeda.

Alasan Pindah Pilih

1.     Menjalankan tugas

2.     Menjalani perawatan karena kondisi kesehatan

3.     Tugas belajar

4.     Pindah domisili

5.     Tertimpa bencana alam

6.     Bekerja di luar domisili

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia